Made Dinda Yadn
Made Dinda Yadn
Choi Kang-soo. (Netflix)

Industri drama di Korea Selatan tumbuh dengan pesat dan selalu membuat betah para penggemarnya. Acting para pemain dan alur cerita yang relate dengan kehidupan nyata membuat drama Korea selalu menjadi pilihan penonton. Selain mengisi waktu luang, kehadiran drama Korea juga bisa membuatmu belajar tentang dunia bisnis loh! 

5 Drama Korea ini cocok untuk kamu yang ingin mulai membangun bisnis sendiri, apa saja? Intip artikel ini yuk!

Itaewon Class (2020)

Park Sae-Royi. (Netflix)

Drama ini menjadi salah satu drama Korea yang menyita perhatian publik. Antara dendam masa lalu, kisah cinta yang rumit, hingga perjuangan dalam membangun bisnis mencangkup drama yang dirilis pada tahun 2020 ini.

Dibintangi oleh Park Seo Joon, Itaewon Class menceritakan tentang seorang mantan terpidana, Park Sae-Roy, yang hidupnya terbalik setelah ia dikeluarkan dari sekolah karena meninju seorang perundung, Jang Geun-Won. Terlebih lagi, ayah Park Sae-Roy terbunuh dalam suatu kecelakaan yang dilakukan oleh Geun-Won. 

Selepas dari penjara, ia mengikuti jejak ayahnya yakni membangun bisnis berupa restoran bar bernama DanBam di daerah Itaewon bersama dengan manajer dan stafnya. Park Sae-Roy berusaha keras untuk menuju kesuksesan dan meraih pencapaian yang lebih tinggi. Wah, kegigihan Park Sae-Roy memang menjadi inspirasi kita semua, ya!

Strongest Deliveryman (2017)

Choi Kang-soo. Sumber: Netflix

Dari judulnya saja kita sudah bisa menebak kalau drama ini penuh dengan bau-bau perjuangan dalam membangun bisnis nih. Drama yang diperankan oleh aktor Go Gyung Pyo ini bercerita tentang Choi Kang-soo, kurir makanan paruh waktu yang bekerja keras untuk bertahan hidup. Berkat kerja kerasnya, Choi Kang-soo berhasil menjadi seorang CEO di sebuah perusahaan delivery service. Strongest Deliveryman menyuguhkan tentang bagaimana perjuangan yang tidak kenal lelah meskipun beragam hambatan menerjang Choi Kang-soo dikala mendirikan perusahaan tersebut.

Selain itu, drama yang tayang pada channel KBS2 ini juga menghadirkan kisah cinta romantis dan komedi yang akan membuatmu tertawa dan betah dalam setiap episodenya. Gimana? Tertarik kan untuk masukin drama ini ke watch list kamu?

Coffee Prince (2007)

Pemeran Coffee Prince. Sumber: MBC

Untuk kamu yang ingin flash back ke era drama Korea 2000-an sekaligus ingin belajar membangun bisnis, drama Coffee Prince cocok untuk kamu!

Drama ini menceritakan kehidupan Go Eun-chan yang tomboy dan pekerja keras serta Choi Han-kyeol yang berkepribadian sombong. Han-kyeol diamanati untuk mengelola sebuah coffee shop bernama Coffee Prince oleh neneknya. Kedai tersebut dinamai Coffee Prince untuk menarik pelanggan wanita agar datang ke kedai tersebut.

Karena didesak oleh kondisi ekonomi, Eun-chan nekat untuk melamar ke kedai tersebut meski pekerja kedai tersebut harus seorang laki-laki. Setelah Eun-chan diterima bekerja, interaksi bersama Han-kyeol menjadi semakin intens.

Merasa dekat dan memiliki rasa dengan Eun-chan, Han-kyeol pun merasa bahwa dirinya adalah seorang homoseksual hingga menyebabkan ia pergi untuk berkonsultasi dengan psikolog. Kisah mereka berdua yang manis sekaligus lucu membuat para penontonnya terhibur dan begitu menggemari drama ini.

Best Chicken (2019)

Choi-go dan Bo-a. Sumber: Asianwiki.com

Khusus untuk kamu yang ingin berbisnis di dunia kuliner terutama masakan ayam, wajib banget untuk nonton drama korea satu ini! K-Drama Best Chicken bercerita tentang kisah seorang pria bernama Choi-Go yang bekerja di perusahaan besar dan seorang wanita bernama Bo-A yang berprofesi sebagai penulis webtoon. Bo-A mengelola sebuah pemandian yang dimiliki oleh kakeknya sekaligus menjadi tempat tinggalnya.

Choi-Go akhirnya memutuskan untuk resign dari perusahaannya dan mewujudkan mimpinya untuk membangun usahanya sendiri yaitu restoran ayam. Kemudian, ia mencari tempat untuk restorannya dan ia memutuskan untuk membuka restorannya pada pemandian milik kakek Bo-A dengan syarat Bo-A harus bekerja di restoran ayam miliknya.

Drama ini akan mengajarkanmu untuk keluar dari zona nyaman dan membangun sebuah usaha dari nol. Hati-hati ya! Saat menonton drama ini kamu akan ngiler dengan ayam goreng yang berseliweran di beberapa episodenya.

Chief Kim (Good Manager) (2017)

Pemeran Chief Kim (Good Manager). Sumber: Netflix

Kim Sung-ryong adalah sesorang akuntan di daerah Gunsan yang memberi jasanya untuk para preman dan rentenir agar laporan keuangan mereka tidak mencurigakan. Ia mengambil keuntungan besar dari preman dan renteni tersebut. Meskipun begitu, ia memiliki mimpi untuk pindah ke Denmark karena negara tersebut dikenal sebagai negara dengan tingkat korupsi yang rendah.

Ia membutuhkan uang sebesar 1 juta dollar untuk mewujudkan mimpinya, sedangkan ia hanya memiliki uang sebesar 300 ribu dollar saja. Untuk meraih cita-citanya, ia melamar di TQ Grup yang merupakan sebuah perusahaan besar di Seoul dan berhasil menduduki jabatan sebagai kepala bagian departemen akuntansi di tim operasional bisnis.

Menyadari bahwa perusahaan yang ia tempati penuh dengan petinggi-petinggi yang berlaku curang dan kotor, ia bersama dengan rekan tim operasional bisnis lainnya berjuang untuk mengungkap kasus-kasus korupsi yang terjadi di TQ Group. Drama ini mengandung pesan moral khususnya dalam menyampaikan suatu etika bisnis yang harus kamu taati saat menjalankan sebuah bisnis.

Nah, itu dia 5 rekomendasi drama Korea untuk kamu yang sedang merintis sebuah bisnis. Kelima drama korea bertema bisnis tersebut menyampaikan sebuah kisah tentang bagaimana kita harus selalu berjuang, yakin, dan tidak patah semangat saat menjalankan sebuah bisnis. 

Selalu semangat dalam menjalankan bisnismu, ya!