Armand IS
Armand IS
Ilustrasi Berpelukan. (pexels.com/Askar Abayev)

Lebaran kali ini menjadi lebaran yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Bukan tanpa alasan, bersamaan dengan merayakan lebaran, kamu juga menghadapi pandemi yang menghambat mobilitas untuk bisa mudik ke kampung halaman.

Belakangan ini, pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk melarang mudik sebagai upaya mengurangi risiko penularan COVID-19 akibat mobilitas yang masif dan berpotensi untuk meningkatkan kemungkinan adanya interaksi antara orang yang terinfeksi virus COVID-19 dengan orang yang sehat.

Tentu, kamu yang jauh dari keluarga di kampung halaman, kabar ini menimbulkan rasa kecewa karena ekspektasi untuk bisa mengobati rasa kangen menjadi sirna karena lebaran tahun ini gagal mudik.

Meskipun demikian, ada 3 alternatif yang bisa kamu lakukan untuk mengobati rindu dengan keluarga sebagai berikut :

1. Hubungi sanak saudara video-call atau bertemu daring melalui aplikasi konferensi

Rasa kangen kamu dapat sementara diobati dengan mengajak mereka untuk bersua secara daring. Jadikanlah teknologi sebagai sahabat dan unduh aplikasi konferensi seperti Google Meet, Zoom, dan aplikasi lainnya untuk melakukan panggilan video dengan keluarga di kampung halaman.

Panggilan video memiliki kemampuan untuk menampilkan wajah anggota keluarga saat melakukan panggilan, sehingga kamu dapat saling bertatap muka meskipun berada di dua tempat yang saling berjauhan.

2. Kirimkan hampers lebaran dari tanah rantau

Meskipun lebaran dilanda oleh pandemi, bukan berarti menghambat kamu untuk berbagi. Kirimkan mereka berbagai buah tangan berupa kudapan dan cinderamata lainnya dari tanah rantau sebagai tanda berbagi kasih di hari raya.

Jika kamu berbagi dengan mereka, maka mereka juga tidak sungkan untuk mengembalikan kasih kepadamu, dan mereka akan mengirimkan kudapan berupa masakan rumah yang selama ini kamu rindukan.

So, marilah berbagi, meskipun tidak mampu bertemu.

3. Belikan mereka baju lebaran dan hadiah lainnya melalui toko online

Teknologi toko online membawa kemudahan untuk kamu dalam membeli kebutuhan lebaran tanpa harus repot-repot pergi ke pusat perbelanjaan yang ramai dan berpotensi menimbulkan kerumunan. Berbagai barang dapat dibeli dari toko online seperti baju baru, perabotan rumah tangga, hingga alat-alat elektronik.

Bahkan, toko online juga menyediakan jasa pengiriman barang antar kota, sehingga tidak perlu khawatir untuk mengirimkan barang-barang yang akan kamu hadiahkan ke sanak saudara di kampung halaman.

So, demikianlah beberapa alternatif yang dapat dilakukan di lebaran tahun ini untuk mengobati rasa kangen dengan sanak saudara di kampung halaman.

Meskipun belum dapat bertemu secara langsung, bukan berarti kamu tidak dapat berbagi kasih. Terakhir, selamat merayakan lebaran!