Prasetya Buana
Prasetya Buana
Ilustrasi wanita bersantai di tempat kerja. (pexels/Andrea Piacquadio)

Kita semua pasti pernah menunda-nunda suatu pekerjaan. Entah itu karena malas, masih capek, merasa punya banyak waktu, atau bisa jadi disebabkan oleh segudang alasan lainnya yang sengaja dibuat-buat.

Jika terus dibiarkan, perilaku satu ini akan berubah menjadi kebiasaan buruk yang sukar untuk dihilangkan. Kamu juga bakal merasakan satu per satu dampak negatifnya.

Sebelum mendarah daging yuk, segera singkirkan pola kebiasaanmu itu dengan beberapa cara ampuh berikut ini.

1. Memecah tugas besar menjadi beberapa bagian kecil

Belum apa-apa biasanya kamu sudah kewalahan duluan saat berhadapan langsung dengan tugas besar. Kamu kebingungan harus mulai menyelesaikannya dari mana.

Nah, untuk megatasi kendala tersebut, cobalah membagi tugasmu menjadi tugas-tugas kecil yang lebih spesifik. Setelah itu, kamu bisa mengerjakannya sedikit demi sedikit, secara bertahap dan sistematis.

2. Tetapkan deadline untuk diri sendiri

Kamu mungkin suka menunda-nunda pekerjaan karena merasa masih punya banyak waktu, sehingga lebih memilih bersantai terlebih dahulu. 

Padahal, menyelesaikan tugas saat mendekati deadline seringnya membuat hasil pekerjaan jadi tidak maksimal. Belum lagi, kamu pasti akan kerepotan, dan dilanda panik selama bekerja.

Oleh sebab itu, buatlah deadline khusus untuk diri sendiri, lebih cepat dari tenggat waktu yang sebenarnya. Sisanya bisa kamu gunakan untuk memeriksa kembali pekerjaan kamu agar hasilnya semakin memuaskan.  

3. Menjauh dari segala macam distraksi

Fokus selama bekerja mesti dipertahankan agar kamu tidak mudah berpaling, dan mengabaikan pekerjaanmu begitu saja. Supaya fokus senantiasa terjaga, yang perlu kamu lakukan adalah menghidar terlebih dahulu dari berbagai hal yang kerap mendistraksimu ketika bekerja.

Mematikan handphone, mencari tempat yang hening, adalah sedikitnya cara yang bisa kamu upayakan. Dengan begitu, niat untuk menyelesaikan pekerjaan pun akan terkumpul.

4. Memberi self reward sebagai bentuk penghargaan diri

Kamu berhak memberikan self reward kecil-kecilan acap kali kamu berhasil merampungkan satu pekerjaan. 

Bentuk apresiasi terhadap diri sendiri ini dapat memicu semangatmu dalam bekerja. Alhasil, kamu enggan lagi menunda-nunda tugas, dan lebih terpacu untuk sesegera mungkin menyelesaikan seluruh pekerjaanmu sebelum kian menggunung.

Self reward tak selalu mesti mahal, sekadar bersantai sejenak juga sudah termasuk imbalan yang layak untuk diri sendiri.

5. Lakukan, tanpa banyak berpikir

Tanpa banyak alasan, ada baiknya kamu langsung coba kerjakan dulu tugas-tugasmu. Menghindari pekerjaan hanya akan membebani pikiranmu, ditambah pekerjaanmu yang tadinya sedikit malah bisa semakin membeludak.

Setidaknya kamu harus mulai mengerjakannya meskipun cuma sebentar. Memang pada awalnya kamu harus memaksakan diri, tapi lama-kelamaan dengan sendirinya kamu bisa menemukan gaya bekerjamu yang paling efektif. Intinya, kamu harus berani memulai.

Dari kelima cara di atas, mana yang sudah pernah kamu lakukan? Atau kamu memiliki cara tersendiri dalam mengusir kebiasaan menunda?

Komentar