Rizki Putra
Rizki Putra
Ilustrasi bertengkar (pexels.com/LizaSummer)

Memiliki teman yang hobinya suka menyalahkan orang lain membuatmu merasa kesal dengannya. Tidak menutup kemungkinan bahwa kamu akan menjadi korbannya, lho.

Meskipun dia tidak pernah melakukan hal tersebut padamu, bisa saja suatu waktu kamu akan terkena imbasnya. Daripada kamu harus bertengkar karena kesal oleh sikapnya, lebih baik lakukan 4 cara bijak ini agar tidak terjadi permusuhan diantara kalian.

1. Jangan takut mengungkapkan kesalahannya

Seseorang atau teman yang suka menyalahkan orang lain, pasti dia tidak akan melupakan kesalahan yang pernah diperbuat. Namun sayangnya, dia jarang mengakui dan memilih menyalahkan orang lain.

Jika kamu menyadari hal tersebut, maka tidak ada salahnya untuk mengungkapkan kesalahannya. Jangan sungkan membeberkannya dihadapan orang lain yang memang ada sangkut paut terhadap permasalahan. Bagaimanapun juga, tindakan yang dia lakukan termasuk memfitnah orang lain, lho.

2. Sampaikan bahwa tingkah lakunya tidak menyelesaikan permasalahan

Meskipun kamu telah mengungkapkan kesalahan yang telah dia perbuat, sebenarnya itu belumlah cukup kamu lakukan. Sebab, kamu juga perlu menyadarkannya untuk tidak melakukan hal tersebut kembali.

Misalnya saja memberi tahu temanmu tentang kerugian yang akan dia rasakan jika terus-menerus menyalahkan orang lain. Selain itu, sikap tersebut merupakan tanda bahwa dirinya adalah seorang pengecut yang tidak mau mengungkapkan kesalahan dirinya sendiri.

3. Ingatkan padanya bahwa dia sedang mempertaruhkan hubungan baik diantara kalian

Kalau kamu sudah diperlakukannya seperti itu terus-menerus, maka kamu harus bisa bersikap tegas. Bagaimanapun juga, kamu tidak bisa menyediakan lebih banyak kesabaran baginya, meskipun dia adalah temanmu.

Beritahulah kalau dia melakukannya lagi, jangan heran kamu akan memutuskan pertemanan dengannya. Sebab, tidak ada seorangpun mau dikambing hitamkan atas sesuatu kesalahan yang bukan karena perbuatannya.

4. Kalau dia tak berubah, maka kamu perlu mencuekinya

Walaupun kamu telah memberitahunya secara baik-baik, namun tidak ada niat darinya merubah menjadi pribadi yang lebih baik, maka kamu perlu mencuekinya. Sebab, kamu tidak perlu membuang-buang waktumu dan tenaga hanya untuk meladeninya.

Meskipun dia berniat untuk mengajakmu berdebat, maka biarkan saja dia. Mungkin orang-orang disekitarmu yang dapat menyimpulkan siapa yang sebenarnya telah melakukan kesalahan.

Itulah empat cara bijak menghadapi teman yang hobi menyalahkan orang lain. Teman yang hobi menyalahkan orang lain memang pintar menyelamat dirinya sendiri. Sebaiknya, kamu perlu memiliki lingkungan pertemanan yang suportif agar bisa saling tolong menolong, bukannya saling menjatuhkan.

Komentar