Kak Ay
Kak Ay
Ilustrasi pasangan bertengkar. (Shutterstock)

Mustahil jika suatu hubungan asmara selalu berjalan dengan harmonis. Kadang kala, konflik atau masalah bisa saja menghampiri. Jika kamu dan pasangan bisa melewatinya, maka hubunganmu sangat mungkin untuk langgeng. Namun, sebaliknya, jika kamu dan pasangan tidak bisa melewatinya, bisa saja hubunganmu bakal kandas.

Konflik dalam hubungan asmara punya sisi positif untuk makin memperkuat suatu hubungan. Namun, itu berlaku kalau pasangan juga meresponsnya dengan positif, bukan sebaliknya. Meski begitu, konflik yang terlalu sering dalam hubungan asmara juga tidak baik, lho. Hal itu bisa jadi lampu kuning buat hubungan asmaramu dan pasangan. 

Nah, maka dari itu, ada tiga hal yang harus kamu lakukan agar konflik tidak sering terjadi dalam hubungan asmara. Apa saja? Simak di bawah ini, ya!

1. Saling introspeksi diri

Saling menyalahkan ketika ada masalah justru akan semakin memperparah konflik dalam hubungan asmara. Untuk mengatasinya, kamu dan pasangan perlu introspeksi diri masing-masing. Kenali kesalahan sendiri akan membuat kalian lebih bisa saling mengerti dan konflik akan segera selesai.

Namanya manusia pasti tidak ada yang sempurna. Jangan merasa diri paling benar, tapi merasalah bahwa semua orang berbuat kesalahan. Setelah itu, kalian perlu duduk bersama dan berdiskusi untuk mengevaluasi hubungan kalian menjadi lebih baik ke depannya.

2. Jaga komunikasi

Komunikasi dalam suatu hubungan asmara sangatlah penting untuk menghindari konflik dalam hubungan asmara. Untuk itu, jangan pernah melewatkannya. Mulailah dari hal-hal kecil seperti menanyakan kabar. Jika sudah terbiasa, maka kalian akan lebih mudah ketika harus membicarakan hal-hal serius terkait hubungan kalian.

Komunikasi yang sering pasti akan membuat konflik makin minim. Komunikasi juga akan membuat kamu dan dia saling tahu kebutuhan masing-masing. Misalnya,  kamu ingin dia lebih perhatian ke kamu, tapi kamu tidak mau bilang kepadanya. Lantas, bagaimana dia tahu kebutuhan kamu?

3. Sering habiskan waktu berdua

Terkadang, kamu dan pasangan perlu meluangkan waktu intim berdua. Hal ini supaya ikatan emosional di antara kalian makin erat dan konflik dalam hubungan asmara bisa berkurang atau terhindari. Luangkanlah satu hari dalam seminggu untuk benar-benar berdua tanpa distraksi apa pun. Nikmatilah momen tersebut untuk mengenal lebih dalam pribadi masing-masing. Hubungan kamu dan pasangan pasti akan lebih kuat ke depannya. 

Konflik dalam hubungan bisa dihindari dengan melakukan tiga hal di atas. Mau melakukannya?

Komentar