Rizki Putra
Rizki Putra
Ilustrasi merenung (pexels.com/EnginAkyurt)

Apakah kamu pernah merasa ada yang salah dengan diri sendiri ketika sedang beraktivitas? Kalau iya, bukan kamu saja yang merasakan hal tersebut. Pastinya hampir semua orang pernah mengalami kejadian seperti itu.

Untuk sebagian orang, ada momen tertentu merasa ragu yang terbesit dalam pikirannya. Namun bagi yang lain, hal tersebut dianggap diri sendiri tidak baik-baik saja. Ini dia 4 alasan kenapa kamu bisa merasakan hal tersebut.

1. Sedang merasa kewalahan dengan hidupmu

Jika kamu merasa ada yang salah terhadap diri sendiri, kamu perlu menanyakan apakah saat ini sedang kewalahan dengan aktivitasmu selama ini? Atau tidak dapat memenuhi dengan baik kewajiban yang kamu pegang?

Hal ini bisa sebagai tanda bahwa kamu sedang berhadapan dengan situasi yang sulit untuk kamu kendalikan. Misalnya saja karena pekerjaanmu terlalu banyak tuntutan yang membuatmu saat ini merasa tidak menikmati kehidupanmu dengan baik.

2. Kamu lagi merasa kesepian

Kalau kamu merasa ada yang salah dengan dirimu sendiri, salah satu penyebabnya karena kamu sedang merasa kesepian. Banyak faktor yang membuatmu merasa sendiri disaat tidak ada seseorang yang menemanimu.

Disaat kamu telah banyak memperjuangkan suatu hubungan, entah tentang asmara, pertemanan, keluarga, atau keinginanmu tidak sesuai dengan realitanya. Jadi, tidak heran kalau kamu merasa ada yang salah dengan diri sendiri.

3. Kurang menghargai diri sendiri

Di saat kamu merasa kekurangan harga diri, hal tersebut justru mempengaruhi terhadap hidupmu dan merasa tidak memiliki kapasitas apapun. Solusi terbaik yang dapat dilakukan adalah mulai mengoreksi hal apa saja yang menjadi masalah tentang harga dirimu. Misalnya saja memiliki perasaan malu atau bersalah.

4. Berhadapan dengan masalah yang berhubungan dengan mental

Hal yang menjadi penyebab membuatmu selalu merasa ada yang salah dengan diri sendiri adalah mentalmu dalam menghadapi suatu masalah. Pengembangan mental sangat dibutuhkan dalam menentukan pilihan dalam hidup.

Sehingga, kamu dapat lebih kuat menghadapinya dengan baik. Kamu perlu yakin bahwa kamu orang yang berharga dan mampu melewati rintangan dalam hidup.

Itulah empat alasan kamu selalu merasa ada yang salah pada diri sendiri. Apa pun masalah yang saat ini kamu hadapi, mau enggak mau kamu harus menghadapi dan mengatasinya. Jangan sampai kamu terus-menerus overthinking tanpa ada aksi nyata.

Komentar