Riva Khodijah
Riva Khodijah
Ilustrasi pekerja. (pexels.com/RonLach)

Salah satu yang menjadi harapan pekerja, yakni bisa mendapatkan promosi naik jabatan. Posisi naik, tentunya gaji serta fasilitas yang didapatkan akan meningkat. Namun, sebaiknya tahan hasratmu dulu untuk mendapatkan promosi apabila sikap-sikap berikut ini masih ada. Sebab, beberapa sikap tersebut menunjukkan kalau kamu belum pantas memperoleh kenaikan jabatan atau posisi. 

5 alasan kamu belum pantas mendapat promosi naik jabatan.

1. Belum bisa fokus kerja

Hal pertama yang menandakan kalau kamu belum layak untuk mendapatkan posisi tinggi atau promosi naik jabatan, yakni kalau kerja belum bisa fokus sepenuhnya pada tugas. Kamu sering banget melakukan kegiatan yang gak produktif, misalnya main HP di jam kerja.

Bagaimana kamu mampu jadi teladan bagi bawahan-bawahanmu nanti apabila etos kerjamu saat ini masih seperti itu? Oleh sebab itu, kalau kamu mau cepat dapat promosi ada baiknya perbaiki dulu, ya, cara kerjamu.

2. Sering telat

Pertanda lain kalau kamu belum layak mendapatkan promosi naik jabatan, yaitu masih sering telat. Enggak hanya telat masuk kantor, tapi juga telat dalam menyerahkan tugas sesuai tenggat waktu yang ditetapkan.

Kebiasaan tersebut menandakan bila pengelolaan waktumu belum baik. Padahal, manajemen waktu ini penting banget untuk dikuasai seorang pemimpin.

3. Sulit mengambil keputusan

Selain manajemen waktu, skill lain yang juga penting dikuasai oleh pemimpin, adalah kelihaian dalam pengambilan keputusan. Kalau selama ini kamu sulit mengambil keputusan, karena selalu ragu, maka ada baiknya mulai sekarang dilatih untuk dapat membuat keputusan dengan cepat dan pertimbangan matang.

4. Berpikiran sempit

Sering marah dan tersinggung saat mendapat kritik? Hal itu bisa jadi pertanda kalau kamu belum siap jadi pemimpin, lho! Sikap tersebut juga menunjukkan kalau kamu belum pantas mendapatkan promosi naik jabatan.

Pemimpin yang baik memiliki pemikiran terbuka. Saran dan kritikan justru ditanggapi dengan positif karena itu berguna buat perbaikan.

5. Gak mau mengakui kesalahan

Semakin tinggi posisi seseorang, maka tanggung jawabnya pun semakin besar. Bagaimana kamu bisa mengemban tambahan tanggung jawab apabila saat ini sulit mengakui kesalahan.

Tiap kali membuat kekeliruan, kamu berusaha mencari kambing hitam. Padahal, sikap demikian bukanlah ciri seorang pemimpin, lho!

Itulah 5 alasan kamu belum pantas mendapat promosi naik jabatan. Perbaiki hal-hal tadi, sehingga tanpa kamu berharap untuk mendapat kenaikan posisi, atasan akan menawarkannya sendiri, karena kamu dianggap qualified!

Komentar