Budi
Budi
Jorge Martin di MotoGP Styria 2021 (JOE KLAMAR/AFP)

MotoGP 2021 kembali seru dengan pertarungan sengit yang dilaksanakan di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, Austria, Minggu malam (8/8/2021). Di mana Jorge Martin dinobatkan sebagai pemenang yang mengalahkan Joan Mir, walau sama-sama diwarnai bendera merah alias bendera kebangsaan Spanyol.

Dengan persaingan yang ketat pada barisan depan, hingga berakhirnya pertandingan, Jorge Martin (Spanyol) berhasil naik di podium utama, disusul Joan Mir (Spanyol) podium kedua, dan Quartararo (Francis) podium ketiga.

Di awal balapan Francesco Bagnaia tampil baik dengan unggul atas Martin. Tidak berjalan lama, insiden sempat terjadi di tikungan pertama antara Marc Marquez dengan Aleix Espargaro yang bersenggolan. Lap pertama selesai yang dipimpin Bagnaia, disusul Martin, Joan Mir, dan Marquez, (cnnindonesia.com).

Sampai pada lap ketiga, balapan terpaksa dihentikan akibat terjadi kecelakaan antara Dani Pedrosa dan Lorenzo Savadori yang tabrakan dan kedua motor itu terbakar. Setelah Sirkuit selesai dibersihkan balapan pun kembali dilanjutkan.

Balapan kembali dimulai dengan 27 lap tersisa, di mana posisi start seperti semula di awal pertandingan, bukan posisi saat dikibarkan bendera kecelakaan pada lap ketiga itu. Sialnya lagi, awal balapan justru motor Vinales mendadak mati dan terpaksa start dari pitlane.

Balapan mulai terlihat tidak tegang saat selesai lap ketiga, Martin dan Mir sukses menyalip Miller. Di samping itu, Quartararo juga sukses menyalip Miller di lap keenam. Di titik ini Martin dan Mir sudah mulai menjauh dari Quartararo di posisi ketiga.

Sementara, Quartararo mulai mampu bernapas lega untuk mempertahankan posisi ketiganya setelah Miller terjatuh di tikungan tujuh saat balapan menyisakan sepuluh lap. Dan lagi-lagi, El Diablo sudah terlalu jauh untuk menggejar Martin dan Mir. Sedangkan, Martin juga diuntungkan dengan kecolongan Mir di tikungan tiga yang menyisakan balapan lima lap lagi.

Kondisi itulah sehingga Martin dapat mempertahankan posisi terdepan dan menang MotoGP Styria 2021. Dan untuk Joan Mir finis kedua, disusul Quartararo merebut podium ketiga.

Balapan menjadi kebanggaan bagi Martin dan Mir yang memang jarang naik podium, apalagi kedua pembalap ini sama dari kebangsaan Spanyol. Beda halnya dengan Quartararo dan Marc Marquez yang memang terkenal sering naik podium. Itulah pertandingan semua peserta semuanya tentu berhak ingin juara.

Pembalap yang naik podium MotoGP Styria 2021:
1. Jorge Martin SPA Pramac Ducati (GP21), asal kewarganegaraan Spanyol.
2. Joan Mir SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR), asal kewarganegaraan Spanyol.
3. Fabio Quartararo FRA Monster Yamaha (YZR-M1), asal Kewarganegaraan Francis.


Referensi:
Kompas.com."Hasil MotoGP Styria 2021, Jorge Martin Juara, Rossi Finish ke 13," penulis Donny Dwisatryo Pryantoro.

CNNIndonesia.com. "Hasil MotoGP Styria: Martin Kalahkan Mir."

Komentar