Filsa Brilliant
Filsa Brilliant
Pebulu tangkis ganda putra Indonesia Marcus Fernaldi Gideon dan rekannya Kevin Sanjaya Sukamuljo mengembalikan kok ke arah lawannya asal Malaysia Goh Sze Fei dan Nur Izzuddin dalam babak perempat final Daihatsu Indonesia Masters 2020 di Istora Senayan, Jakarta, Jumat (17/1). [Suara.com/Angga Budhiyanto]

Tim bulu tangkis Indonesia harus tereliminasi di Sudirman Cup 2021 yang digelar di Vantaa, Finlandia. Tim Indonesia harus menelan pil pahit setelah harus menyerah dari negeri Jiran Malaysia dengan skor 2-3.

Bagi Malaysia, ini adalah kemenangan pertama atas Indonesia pada ajang Sudirman Cup. Kekalahan yang paling disorot di Piala Sudirman 2021 adalah kekalahan Marcus/Kevin dari wakil Ganda Putra Malaysia Aaron Chia dan Soh Wooi Yik dengan straight game atau dua set langsung, 12-21 dan 15-21.

Kekalahan ini ditanggapi langsung oleh pelatih mereka yaitu Herry Iman Pierngadi atau biasa disapa Herry IP. Pasalnya, pasangan nomor 1 di dunia itu bermain kurang greget.

"Bukan soal kalah atau menang, tetapi dalam pertandingan beregu, fight itu penting. Mainnya kurang Greget. Meskipun begitu, harus diakui pertahanan lawan memang kuat dan tidak jebol. Mainnya lebih baik," ungkap Herry seperti yang dikutip dari Antara.

Kekalahan Marcus Gideon dan Kevin Sanjaya itu harus memaksa Indonesia tertinggal 0-1 dari Malaysia di pertandingan pembuka. Sementara itu, Marcus Gideon juga turut mengomentari terkait penampilannya bersama Kevin Sanjaya pada pertandingan itu. Marcus mengakui pertahanan lawan sangat kuat dan sulit sekali untuk ditembus.

"Harus diakui lawan hari ini bermain lebih baik dari kami. Defense-nya kuat dan susah ditembus," ujar Marcus setelah pertandingan usai.

Tidak hanya Marcus Gideon, partnernya, Kevin Sanjaya juga ikut mengomentari penampilannya bersama Marcus pada pertandingan itu.

"Harus diakui lawan bermain lebih baik dari kami. Mereka bermain bagus. Itu saja, tidak ada alasan lain kenapa kami kalah," kata Kevin Sanjaya.

Terkait penilaian dari pelatih yang bermain kurang greget, Marcus dan Kevin mengklaim bahwa mereka berdua telah bermain dengan penuh semangat.

"Saya sendiri sebetulnya telah bermain penuh semangat," ujar Marcus. 

Kekalahan ini tentunya membuat The Minnions gagal membalaskan dendamnya setelah hal yang sama juga mereka alami pada Olimpiade Tokyo 2020 lalu, setelah juga harus tunduk atas pasangan ganda putra Malaysia ranking 8 dunia ini.

Dengan hasil ini, langkah Indonesia di Piala Sudirman 2021 harus sampai di babak perempat final. Sedangkan Malaysia melenggang ke babak semifinal Sudirman Cup 2021.

Komentar