Ina Barina
Ina Barina
Tim bulu tangkis Indonesia di Sudirman Cup 2021, Pada Senin (27/09). (Foto/PBSI)

Tim Indonesia terhenti di babak perempat final Sudirman Cup 2021 pada Sabtu (2/10/2021) dini hari WIB. Langkah Indonesia resmi terhenti usai ditaklukkan oleh tim Malaysia dengan skor laga 2-3, kemenangan untuk Malaysia.

Sempat imbang, Indonesia harus mengakui keunggulan Malaysia pada partai penentuan yaitu ganda campuran di mana pasangan Malaysia berhasil mengalahkan Indonesia melalui rubber game. Kemenangan pasangan ganda campuran tersebut sukses mengantarkan Malaysia menuju semi-finals yang akan digelar hari ini, melawan Jepang.

Partai pertama, ganda putra Indonesia yaitu Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo melawan Aaron Chia/Soh Wooi Yik. Berusaha mengejar ketertinggalan poin dan mencoba masuk ke pola permainan Aaron/Soh, Marcus/Kevin harus mengakui keunggulan Aaron/Soh, kalah melalui straight game dengan skor 12-21, 15-21. Poin pertama di laga ini berhasil dimenangkan oleh Malaysia.

Partai kedua merupakan pertandingan sektor tunggal putri, di mana Gregoria Mariska Tunjung melawan Kisona Selvadurav. Sempat tertinggal poin serta melewati kejar-kejaran poin yang sengit, Gregoria berhasil memenangkan pertandingan secara epik melalui rubber game dengan skor 22-20, 18-21, 21-19. Kemenangan Gregoria berhasil membuat skor laga Indonesia-Malaysia imbang, 1-1.

Partai ketiga yaitu pertandingan tunggal putra, Anthony Sinisuka Ginting melawan Lee Zii Jia. Pertandingan ini didominasi oleh permainan dari Lee Zii Jia dan membuat Anthony Ginting berada dalam tekanannya. Sulit mendapatkan poin dan terus tertinggal, Ginting harus mengakui keunggulan Lee Zii Jia yang berhasil menang melalui straight game dengan skor 11-21, 16, 21, kemenangan untuk Malaysia. Skor laga kembali berbalik, 1-2 keunggulan untuk tim Malaysia.

Partai selanjutnya merupakan pertandiangan paling mendebarkan yaitu pertandingan ganda putri, di mana Greysia Polii - Apriyani Rahayu melawan Pearly Tan/Thinaah Muralitharan.

Durasi pertandingan berhasil menembus akumulasi 91 menit melalui rubber game dan dimenangkan oleh Greysia/Apriyani dengan skor 22-20, 17-21, 21-18. Meskipun kalah, Tan/Thinaah berhasil mendapatkan sorotan mengingat permainan mereka yang luar biasa dengan status junior yang disandangnya. Berkat kemenangan Greysia/Apriyani, skor laga Indonesia-Malaysia imbang 2-2.

Partai penentuan jatuh pada sektor ganda campuran, Praveen Jordan - Melati Daeva Oktavianti melawan pasangan Malaysia, Hoo Pang Ron/Cheah Yee See. Seusai memainkan partai yang cukup sengit, Hoo Pang Ron/Cheah Yee See berhasil memenangkan pertandingan melalui rubber game, 19-21, 21-9, 16-21, kemenangan untuk Malaysia.

Kemenangan  atas partai ini sekaligus memastikan posisi Malaysia menuju semi final dan terhentinya langkah tim Indonesia di babak 8 besar ini.

Piala Sudirman 2021 masih akan berlanjut hingga pada puncak final di Minggu (3/10/2021) mendatang.

Komentar