Yuliana Milatur Rohmah
Yuliana Milatur Rohmah
Ilustrasi - Piala Sudirman. [ANTARA/Juns]

Final antara China dan Jepang berlangsung sangat sengit di Energia Areena, Vantaa, Finlandia, Minggu (3/10/2021) pukul 17.00 WIB. Dari hasil pertandingan Piala Sudirman 2021 China menang dengan skor 3-1.

Poin yang didapatkan Chen Qing Chen/Jia Yi Fan, He Ji Ting/Zhou Hao Dong dan pemain tunggal putra Shi Yu Qi ini sukses menundukkan Jepang. Dan Jepang hanya mendapatkan satu kemenangan dari pemain tunggal putri, Akane Yamaguchi.

Pada gim pertama Chen Qing Chen/Jia Yi Fan mereka unggul 2-0 atas Mayu Matsumoto/Misaki Matsutomo. Berlanjut Chen/Jia menduduki 3-1, 5-2, dan 6-4. 

Setelah menang tiga kali berturut-turut Chen/Jia menambah margin poin atas Matsumoto/Matsutomo. Dengan itu Chen/Jia memimpin skor 9-4.

Matsumoto/Matsutomo kemudian mengejar selisih poin dan mengubah skor 7-10. Namun, Chen/Jia lebih dulu mencapai poin interval. Saat gim pertama menyelesaikan paruh awal, Chen/Jia unggul 11-7.

Setelah jeda, Matsumoto/Matsutomo mengubah skor 10-11, dengan selisih 1 poin. Lalu Chen/Jia kembali memimpin dengan skor 13-11. Namun, Chen/Jia tidak kehilangan fokus. Mereka mengunci kemenangan gim kesatu setelah meraih dua poin beruntun dan berhasil memenangkan gim pertama.

Laga berjalan sangat menarik ketika Chen/Jia kembali memetik empat poin beruntun untuk memimpin skor 10-7 di gim kedua. Tak mau kalah begitu saja, Matsumoto/Matsutomo membalasnya dengan meraih dua poin beruntun.

Seperti halnya pada gim kesatu, Chen/Jia lebih dulu mencapai poin interval. Pertandingan semakin memanas dan keduanya selalu berebut poin. Hingga akhirnya Chen/Jia mengunci kemenangan melalui pengembalian Matsumoto yang hanya mendarat di luar lapangan.

Dengan kemenangan ini China mempunyai rekor baru dalam final Sudirman Cup 2021, yakni 12 kali juara dalam turnamen beregu yang diadakan 2 tahun sekali ini. Dan Jepang juga mencatat prestasi baru, yang berhasil menjadi runner up untuk ketiga kalinya di kejuaraan badminton beregu Sudirman Cup 2021.

Disadur dari website resmi BWF Sudirman Cup, susunan pemain Jepang vs China diisi oleh deretan atlet terbaik dari kedua negara tersebut. Tak heran jika line up ini disebut sebagai kekuatan mumpuni dari keduanya.

China diwakili oleh He Ji Ting/Zhou Hao Dong, Chen Yu Fei, Shi Yu Qi, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan, dan Wang Yi Lyu/Huang Dongping. Jepang diwakili oleh Takuro Hoki/Yugo Kobayashi, Akane Yamaguchi, Kento Momota, Mayu Matsumoto/Misaki Matsutomo, dan Yuta Watanabe/Arisa Higashino.

Komentar