Yuliana Milatur Rohmah
Yuliana Milatur Rohmah
Tim bulu tangkis Indonesia di Sudirman Cup 2021, Pada Senin (27/09). (Foto/PBSI)

Di perempat final Piala Sudirman 2021, Indonesia bertemu dengan Malaysia. Kabarnya pertemuan tersebut berdasarkan hasil undian pada Jumat (1/10/2021) dini hari WIB. Indonesia akan tampil dengan status juara Grup C dan Malaysia sebagai runner-up Grup D.

Dijadwalkan Indonesia vs Malaysia akan berlangsung malam ini di Energia Areena, Vantaa, Finlandia, Jumat (1/10/2021) WIB. Karena status Malaysia hanya sebagai runner-up Indonesia lebih diunggulkan sebagai juara grup dan lolos ke 8 besar.

Indonesia mendominasi sejarah pertemuan dengan Malaysia. Dari dua kali bentrok Tim Merah Putih selalu menang. Indonesia sudah menyapu bersih partai-partai di fase grup.

Laga pertama melawan Rusia (ROC), Anthony Ginting dan team melahap kelima pertandingan dengan kemenangan dan membuat skor menjadi 5-0. Kemudian dua laga berikutnya melawan Kanada dan Denmark, Indonesia kembali tampil lebih kuat. Tim merah putih menang di kedua laga dengan skor tipis 3-2.

Sementara itu Malaysia berada di urutan kedua dari bawah Jepang pada Grup D. Namun, Malaysia memenangkan laga pertama melawan Inggris dengan skor tipis 3-2.

Di laga kedua Malaysia juga menyapu mesir dengan skor unggul 5-0. Namun, pada pertemuannya dengan Jepang, Malaysia kalah dengan skor 1-4. 

Namun, Malaysia harus tetap diwaspadai karena pertandingan sebelumnya yang sangat impresif berjuang di fase grup. Malaysia juga menurunkan skuad muda pada Piala Sudirman 2021 ini. Rata-rata pemain Malaysia berumur 22 tahun.

Menyadur laman resmi dari Sudirman Cup, pemain tertua dari tim Malaysia adalah Peck Yen Wei dan Cheah Yee See yang sama-sama berusia 25 tahun. Sementara, pemain termuda yang mereka bawa adalah Letshaana Karupathevan (18 tahun). 

Tampil dengan skuad muda, Malaysia mengancam setiap lawan mainnya. Mengawali perjuangan di fase grup, Malaysia mengalahkan pemain unggulan dari Benua Eropa, Inggris. Setelah kalah dengan Inggris, Malaysia menang atas Mesir. 

Sebelum jumpa di babak perempat final Malaysia dan Indonesia sempat bertemu sebanyak dua kali dari 16 tahun turnamen ini terselenggara. Pertemuan pertama pada Piala Sudirman 1999. Indonesia dan Malaysia tergabung di grup A bersama China. Saat itu Indonesia berhasil melaju ke babak penyisihan sebagai runner-up.

Memiliki modal rekor pertemuan ini menjadi keuntungan bagi Indonesia. Meski begitu, Malaysia di tahun ini tidak dapat diremehkan dengan sejumlah pemain mudanya.

Komentar