Yuliana Milatur Rohmah
Yuliana Milatur Rohmah
Skuad Thomas Uber Cup bersama Ketua PBSI melakukan pemotretan jelang keberangkatan (Twitter/@INAbadminton)

Tim Indonesia akan mengikuti turnamen baru setelah gugur di Piala Sudirman 2021 yang hanya maju sampai babak perempat final.

Ada 24 pemain yang dipilih untuk berpartisipasi di Thomas Cup dan Uber Cup 2020 di Aarhus, Denmark, 9-17 Oktober mendatang. Berikut daftar pemain skuad Indonesia di Thomas dan Uber Cup 2020.

Tim Thomas Cup Indonesia akan melawan 3 negara lain, yakitu Taiwan, Thailand, dan Aljazair. Sementara squad Indonesia di Uber Cup pada babak penyisihan harus menyingkirkan Jepang, Perancis, dan Jerman.

Menyadur dari CNN , Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) menurunkan empat pemain tunggal putra terbaik Indonesia di Piala Thomas kali ini. Mereka adalah Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, Shesar Hiren Rhustavito, dan Chico Aura Dwi Wardoyo.

Anthony Ginting merupakan pemain tunggal putra yang mendapatkan medali perunggu pada Olimpiade Tokyo 2020. Ginting juga menduduki peringkat ke lima BWF (Badminton World Federation).

Putra tunggal kedua Jonatan Christie yang berada di peringkat ketujuh dunia. Selanjutnya Indonesia punya pilihan antara Shesar Hiren Rusthavito di urutan 19 dan Chico Aura Dwi Wardoyo di peringkat 64 dunia BWF. 

Untuk sektor ganda, ada delapan pemain terbaik Indonesia. Tiga pasang di antaranya merupakan ganda putra terbaik yang masuk dalam 10 besar ranking dunia BWF, yakni Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Sementara satu pasang terakhir, Leo Rolly Carnando/Daniel Martin merupakan pemain muda yang menduduki peringkat 37 dunia. Pelatih ganda putra Indonesia, Herry Iman Pierngadi (IP) akan menentukan dua pasangan terbaik sebelum pertandingan dimainkan.

Untuk skuad Indonesia di Uber Cup, PBSI memberi banyak kepercayaan pada pemain muda. Dari empat nama yang dibawa untuk mengisi posisi tunggal putri, hanya Gregoria Mariska Tunjung yang terbilang sebagai pemain senior yang saat ini duduk di peringkat 21 BWF.

Selebihnya, Putri Kusuma Wardani, Ester Tri Wardoyo dan Nandini Putri Arumni merupakan pemain muda yang peringkatnya masih jauh di atas 100 besar tunggal putri dunia. Meski begitu, mereka sudah pernah bermain saat Indonesia tampil di Piala Sudirman 2021 lalu.

Untuk nomor ganda di Uber Cup 2020, ada peringkat enam dunia sekaligus peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020 Greysia Polii/Apriyani Rahayu masih bakal mengisi posisi pertama. Selanjutnya, Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto yang juga masuk Skuad Indonesia di Piala Sudirman 2021.

Dua pasangan lainnya merupakan pasangan muda yang kini mendapatkan kepercayaan dari Rionny Mainaky untuk ambil bagian. Mereka adalah Nita Violina Marwah/Putri Syaikah dan Febby Valencia Dwijayanti Gani/Jesita Putri Miantoro.

Tim Thomas Cup Tunggal Putra Indonesia

  1. Anthony S Ginting
  2. Jonatan Christie
  3. Shesar H Rhustavito
  4. Chico A Dwi Wardoyo

Tim Thomas Cup Ganda Putra Indonesia

  1. Marcus F Gideon / Kevin Sanjaya S
  2. Mohammad Ahsan / Hendra Setiawan
  3. Fajar Alfian / M Rian Ardianto
  4. Leo R Carnando / Daniel Mart hin

Tim Uber Cup Ganda Tunggal Indonesia

  1. Gregoria M Tunjung
  2. Putri Kusuma Wardani
  3. Nandini Putri Arumni
  4. Ester Nurumi T Wardoyo

Tim Uber Cup Ganda Putri Indonesia

  1. Greysia Polii / Apriyani Rahayu
  2. Siti Fadia S Ramadhanti / Ribka Sugiarto
  3. Nita V Marwah / Putri Syaikah
  4. Febby V D Gani / Jesita P Miantoro

Komentar