Joni Herwanto
Joni Herwanto
Cristiano Ronaldo menambah rekor baru usai hattrick ke gawang Luksemburg (dok AP/Joao Matos)

Pemain Megabintang, Cristiano Ronaldo berhasil memecahkan beberapa rekor setelah dirinya berhasil melakukan Hattrick ke gawang Luksemburg di Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion Algarve, Rabu (13/10) dini hari waktu Indonesia.

Mantan pemain Real Madrid ini berhasil membawa portugal meraih kemenangan setelah mencukur Luksemburg dengan skor 5-0 gol tanpa balas. Cristano pada pertandingan ini berhasil meciptakan sebanyak tiga gol. Sementara untuk gol Portugal lainnya berhasil dicetak oleh Joao Palhinha dan Bruno Fernandes.

Menyandur dari CNN, Pada pertandingan ini Cristiano Ronaldo bukan hanya mengantarkan Portugal untuk meraih kemenangan, namun pemain megabintang ini telah berhasil mencatatkan rekor untuk dirinya sebagai pemain yang melakukan hattrick paling banyak di sejarah timnas putra. 

Menurut laporan Mirror, megabintang Manchester United itu berhasil melakukan beberapa hattrick saat dirinya membela timnas Portugal. Sebelum mencetak hattrick paling banyak, Cristiano Ronaldo sebelumnya menjadi pemain yang mempunyai rekor gol paling banyak saat berama Portugal serta dirinya juga menyalip Ali Daei legenda timnas Iran.

Bersama timnas Portugal megabintang Manchester United ini tercatat sudah mengoleksi sebanyak 115 gol dari 182 laga. Torehan yang berhasil diraih oleh Cristiano Ronaldo selisih jauh dari Pauleta yang berhasil mengoleksi sejumlah 47 gol dari 88 laga yang dilakoni bersama dengan Selecao das Quinas.

Mirror juga mengkonfirmasi jika Cristiano Ronaldo berhasil tampil paling banyak bersama timnas Portugal dengan sebanyak 182 penampilan yang ia jalani. Joao Moutinho salah satu rekannya di timnas Portugal yang memiliki sebanyak 140 penampilan bersama tim yang berjuluk Selecao das Quinas itu masih ungguli Cristiano Ronaldo sebanyak 42 caps.

Bukan hanya itu, Mantan pemain Real Madrid dan Juventus berhasil memecahkan rekor sebagai pemain paling banyak bermain di Euro dengan sebanyak 25 penampilan.

Gol terbanyak bersama timnas yang dicetak oleh pemain Eropa juga berhasil diraih oleh pemain kelahiran Funchal ini. Dengan catatan sebanyak 50 gol, megabintang Manchester United berhasil mencatatkan dirinya sebagai pemain yang berhasil menciptakan gol paling banyak di Uero, termasuk kualifikasi, terhitung sebanyak 14 gol dicetak di putaran final.

Terakhir, bersama timnas Portugal Cristinano Ronaldo mencatatan rekor sebagai pemain paling tua yang berhasil membuat hattrick usai berhasil membobol gawang La Furia Roja di Piala Dunia dengan usia 33 pada Piala Dunia 2018.

Berikut ini 8 rekor yang berhasil dipatahkan oleh Cristiano Ronaldo bersama Portugal:

1. Gol internasional terbanyak oleh pemain Eropa

2. Penampilan terbanyak di Euro

3. Gol terbanyak dalam sejarah Euro (termasuk kualifikasi)

4. Pencetak hattrick tertua di Piala Dunia

5. Gol internasional terbanyak

6. Pencetak gol terbanyak sepanjang masa

7. Pencetak gol terbanyak dalam sejarah timnas Portugal

8. Pemain Portugal dengan caps terbanyak

Komentar