Nabila Prajna
Nabila Prajna
Pebulutangkis tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung. [Dok. PBSI]

Berhasil menduduki posisi runner up, tim Uber Indonesia dipastikan lolos ke babak perempat final. Indonesia sudah ditunggu oleh Thailand yang berhasil keluar sebagai juara grup B.

Undian perempat final tersebut dilakukan oleh Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) yang dilakukan pada Kamus (14/10) dini hari WIB. Pengundian tersebut dilakukan melalui kanal YouTube resmi BWF di Aarhus, Denmark.

Berada satu grup dengan Jepang, tim uber Indonesia tidak akan kembali bertemu dengan Negeri Sakura itu. Indonesia akan bersua dengan pemenang antara juara grup China, Korea, hingga Thailand. 

Di pool atas ditempati oleh para juara grup yaitu Jepang dan Korea. Unggulan pertama sekaligus juara grup A Jepang akan ditantang oleh India. Sdangkan Korea akan menghadapi Denmark. 

Sedangkan pool bawah ditempati oleh China dan Thailand yang berhasil juara grup di grup masing-masing. Thailand akan ditantang oleh Indonesia. Sedangkan China akan berhadapan dengan Taiwan.

Tim uber Indonesia tampil sebagai runner up grup B setelah berhasil menang atas Perancis dan Jerman dengan masing-masing skor 4-1, serta kalah dari Jepang dengan skor 0-5.

Pada kejuaraan Uber Cup 2018, Indonesia pun telah menghadapi Thailand pada partai semi final. Bermain dengan lima partai, Indonesia harus akui keunggulan Thailand dengan 2-3.

Greysia/Apriyani berhasil menyumbangkan poin pertama melawan Rawinda/Jongkolphan dengan dua gim. Satu sumbangan angka pun direbut oleh Gregoria Mariska yang turun sebagai tunggal kedua melawan Jindapol. Gregoria berhasil rebut dua kemenangan sekaligus. 

Sedangkan kemenangan Thailand dimenangkan oleh dua partai tunggal yang diwakili oleh Intanon Ratchanok sebagai tunggal pertama dan Cream Busanan sebagai tunggal ketiga atau penentu kemenangan. Selain itu, pasangan ganda Sapsiree Taerattanachai/Putita Supajirakul turut menyumbang poin dengan menang dua gim langsung.

Namun, situasi tim Indonesia maupun Thailand sudah berubah dari tahun 2018. Thailand memiliki tiga pemain tunggal putri yang kuat serta dua pasangan ganda yang cukup mumpuni. 

Pertandingan babak perempat final Uber Cup 2020 akan digelar pada Jum'at (15/10/2021). Indonesia bertemu Thailand di lapangan dua pada pukul 00.00 WIB.

Komentar