M Fuad S. T
M Fuad S. T
Pemain Timnas Indonesia U-16 Marselino Ferdinan melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Timnas Kepulauan Mariana Utara pada Kualifikasi Piala AFC U-16 2020 di Stadion Madya, Jakarta, Rabu (18/9). Timnas Indonesia U-16 menang dengan skor 15-1. [Suara.com/Arya Manggala]

Sebanyak 33 pemain telah dipanggil oleh pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong untuk persiapan laga melawan Australia di ajang kualifikasi Piala Asia U-23 akhir Oktober ini. Malalui laman resmi federasi, sebagian besar pengisi skuat yang dipersiapkan oleh Shin Tae-yon adalah barisan muda yang dibawanya ke Thailand beberapa waktu lalu, dengan dilengkapi para pemain baru yang dipanggilnya menjelang keberangkatan.

Jika kita melihat lini tengah timnas Indonesia U-23 saat ini, kita akan melihat deretan pemain muda yang bisa dikatakan “mewah” untuk ukuran timnas Indonesia. Hal tersebut tak mengherankan, karena yang menjadi pusat permainan sebuah tim berada di barisan ini, dan menentukan irama permainan yang dikembangkan oleh sebuah kesebelasan.

Ingin tahu, siapa saja pengisi lini tengah Indonesia yang memiliki kualitas mumpuni untuk mengatur serangan? Dalam tulisan kali ini, saya akan membahas empat diantaranya.

1. Syahrian Abimanyu

Pemain muda yang kini bermain di Johor Darul Takzim ini diproyeksikan menjadi tulang punggung Timnas U-23 di kualifikasi Piala Asia U-23. Pemain yang terkenal memiliki umpan-umpan terobosan ciamik ini beberapa kali dipercaya turun bersama timnas senior oleh Shin Tae-yong. Bahkan, di pertandingan terakhir, Syahrian masuk  menggantikan Evan Dimas yang menjadi metronome permainan Indonesia di lapangan tengah.

2. Ramai Melvin Rumakiek

Ada yang lebih panas dari nama ini di persepak bolaan Indonesia? Sepertinya tidak! Setelah memberikan kejutan dengan langsung menyumbangkan satu gol di laga debutnya bersama timnas senior, Ramai Melvin Rumakiek menjadi komoditi panas dalam persepak bolaan nasional. Selalu mendapatkan kepercayaan dalam dua pertandingan terakhir, mengindikasikan pemain ini akan tampil mengawal lapangan tengah timnas U-23 di kualifikasi melawan Australia nanti.

3. Beckham Putra Nugraha

Andalan timnas U-19 ini terkenal memiliki tendangan akurat dan juga penyusup yang baik di area permainan lawan. Meski masih berusia muda, tetapi hal tersebut tak menghalangi seorang Beckham putra untuk menjadi kreator serangan utama di lini tengah skuat Garuda Muda.

4. Marselino Ferdinan

Satu nama yang perlu diperhatikan di lapangan tengah timnas U-23 adalah Marselino Ferdinan. Pemain muda didikan Persebaya Surabaya ini memiliki kapasitas untuk bermain sebagai pengatur serangan ataupun finisher dari lapangan tengah.

Di usianya yang masih belia, Marselino telah dibekali dengan pengambilan keputusan yang bagus. Dia bisa memutuskan kapan untuk membagi bola, dan kapan untuk melepaskan tendangan.

Empat pemain ini adalah wajah persepak bolaan Indonesia dalam beberapa tahun ke depan. Skill yang mereka miliki tergolong mewah untuk timnas U-23 dan persepakbolaan Indoensia saat ini. Ada yang ingin ditambahkan?

Komentar