M Fuad S. T
M Fuad S. T
Gilgamesh yang diperankan oleh Ma Dong-seok di film Eternals (dok. pribadi) / tangkapan layar film Eternals

Marvel Cinematic Universe (MCU) kembali meluncurkan film bertema super hero pada bulan November 2021 ini, dengan judul Eternals. Film yang mengangkat tentang para pahlawan super di bumi ini merupakan kelanjutan dari tragedi yang menimpa para pahlawan super di film Avengers: Endgame.

Nah, di film Eternal ini kita akan kembali bertemu dengan beragam super hero yang memiliki berbagai kemampuan super, mulai dari Thena, Sersi, Ikaris, Ajak, dan lainnya. Namun, ada satu nama yang mencuri perhatian saya secara pribadi, yakni Gilgamesh, yang diperankan oleh aktor asal Korea Selatan, Ma Dong-seok.

Bukan karena pemerannya, tapi karena tokoh yang diperankan oleh Ma Dong-seok tersebut merupakan tokoh besar dalam sejarah umat manusia. Iya, Gilgamesh, yang terkenal dalam cerita Epos Gilgamesh. Sebuah nama yang familiar bagi para pecinta sejarah. 

Siapa sih Gilgamesh? 

Disadur dari laman worldhistory.org, Gilgamesh merupakan raja semi-mitos (setengah mitos) yang menguasai kota Uruk dan sekitarnya di daerah Mesopotamia (sekarang masuk dalam daerah Iraq). Gilgamesh juga menjadi tokoh utama dalam wiracarita The Epic of Gilgames (2150-1400 SM). Diceritakan, Ayah Gilgamesh, yakni Raja-Imam Lugalbanda (yang ditampilkan dalam dua puisi Sumeria tentang kemampuan magisnya yang terkenal sebelum Gilgamesh) dan ibunya dewi Ninsun (juga dikenal sebagai Ninsumun, Ibu Suci dan Ratu Agung).

Oleh karena itu, Gilgamesh adalah seorang setengah dewa yang memiliki hidup sangat lama. Bahkan, dalam daftar raja-raja Sumeria, Gilgamesh mencatatkan masa pemerintahannya selama 126 tahun. Selain itu, karena terlahir dari perpaduan antara manusia dan dewa, Gilgamesh diberkahi oleh para dewa dan memiliki kekuatan super.

Gilgamesh versi Film Eternals

Di film Eternals, tentu kita tak akan mendapati sosok Gilgamesh sebagai raja, melainkan sosok pahlawan dengan kekuatan super. Gilgamesh versi Eternals membantu umat manusia untuk mengalahkan Deviant yang muncul dan mengancam. Diperankan oleh Ma Dong-seok, tentu kita sedikit banyak akan tahu, seberapa kuat Raja Gilgamesh yang sebenarnya. Pasalnya, Ma Dong-seok sendiri merupakan aktor Korea Selatan yang dikenal sering memainkan peran sebagai pertarung handal.

Bagaimana? Ingin menyaksikan aksi Gilgamesh yang diperankan oleh Ma Dong-seok di film Eternals?

Komentar