facebook

3 Tips Memberikan Dukungan pada Orang Terdekat yang Positif Covid-19

Putri Hafisyah
3 Tips Memberikan Dukungan pada Orang Terdekat yang Positif Covid-19
Ilustrasi isolasi atau karantina COVID-19 - (Pixabay/fernandozhiminaicela)

Beberapa bulan terakhir, angka kasus covid-19 semakin banyak. Bahkan, situasi ini terjadi pada teman, tetangga maupun orang terdekat. Rasanya sedih, cemas, dan bingung. Timbul rasa ingin membantu, tapi tidak tahu apa yang pertama harus dilakukan. Hal ini juga terjadi padamu?

Berikut ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk membantu memberikan dukungan psikososial terhadap teman, tetangga, atau orang terdekatmu yang terinfeksi covid-19.

1. Membantu memenuhi kebutuhan dasar

Kebutuhan pertama yang harus terpenuhi yaitu makanan, air dan tempat isolasi hal itu menyadur dari (Jordan, 2013). Kamu bisa membantu menyediakan makanan atau barang yang mereka perlukan.

2. Mengurangi tekanan sosial

Pada kondisi ini, orang yang terinfeksi covid-19 akan mengalami tekanan emosi (Ornell, dkk,. 2020). Respons marah, cemas, merasa bersalah, merupakan respons normal di situasi tidak normal. Kamu bisa mengurangi tekanan tersebut dengan mengajak video call, lalu mendengarkan apa yang mereka rasakan. Bantu mereka tenang, seperti melakukan relaksasi.

3. Memberikan Informasi

Kamu bisa membantu memberikan informasi mengenai tempat isolasi, oksigen, rumah sakit, atau layanan psikologis. Sebelum memberikan informasi, pastikan bahwa informasi tersebut valid dan jelas. Memberikan informasi mengenai angka pasien yang sembuh juga bisa kamu lakukan untuk membangun harapan positif.

Penelitian yang dilakukan (Rochmawati, dkk,. 2021) mengenai pemberian dukungan psikososial pada pasien COVID-19 menunjukkan dampak pada penurunan masalah kesehatan mental yang dialami pasien COVID-19.

Itu tadi tiga tips yang bisa dilakukan untuk memberikan dukungan kepada teman, tetangga, dan orang-orang terdekat kamu yang sedang terpapar Covid-19.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak