facebook

4 Jenis Sayuran yang Baik Dikonsumsi untuk Diet, Bukan Kurangi Porsi Makan!

Keza Felice
4 Jenis Sayuran yang Baik Dikonsumsi untuk Diet, Bukan Kurangi Porsi Makan!
ilustrasi sayuran untuk diet. (Unsplash)

Sepertinya manfaat sayuran untuk diet sudah tidak diragukan lagi, bukan? Pasalnya, kandungan kalori di dalam sayuran terbilang rendah, sedangkan beragam nutrisi penting yang terkandung justru bukan hanya baik untuk menurunkan berat badan, tetapi juga menjaga kesehatan tubuh.

Diet sehat tidak berarti kamu mengurangi konsumsi makanan hingga jadi semakin sedikit. Kamu masih tetap bisa mengonsumsi beragam jenis makanan, tapi ada baiknya jika kamu memilih makanan yang rendah kalori, kaya serat, banyak air, dan juga mempunyai kandungan mineral dan vitamin.  

Berbagai kebutuhan tersebut bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi sayuran. Dengan begitu kamu bisa tetap melakukan diet sehat dan beragam setiap harinya.

Merangkum dari Halodoc dan Alodokter, berikut 4 Jenis sayuran yang baik dikonsumsi untuk diet:

1. Brokoli

Mengonsumsi 90 gram brokoli akan memenuhi asupan harian vitamin C, folat, vitamin K, dan kalium yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu brokoli juga tinggi akan serat dan kalsium yang penting untuk menjalankan diet.

Kamu bisa mengonsumsi brokoli dengn cara ditumis dan dikukus. Kamu juga bisa menambahkan saus ikan atau saus tiram pada brokoli yang sudah dimasak agar mendapatkan cita rasa yang lebih lezat.

2. Selada

Selada termasuk salah satu sayuran yang cocok dikonsumsi untuk diet karena rendah karbohidrat. Diperkirakan dalam 47 gram selada terkandung 2 gram karbohidrat saja.

Sedangkan selada juga diperkaya akan  serat, vitamin C, vitamin A, folat, serta vitamin K. Adanya kandungan nutrisi di dalam selada menjadikan sayuran ini bukan hanya bermanfaat untuk menurunkan berat badan, tetapi juga dapat membantu menurunkan risiko terserang penyakit jantung.

3. Kembang Kol

Kamu juga bisa mengonsumsi kembang kol sebagai sayuran yang baik untuk diet. Diketahui kembang kol mempunyai kandungan serat berkualitas tinggi dan juga beberapa mineral serta vitamin yang dapat meningkatkan kesehatan.

Sementara itu, adanya kandungan fitokimia di dalamnya juga mampu meningkatkan pembakaran lemak di dalam tubuh. Selain bisa menyebabkan rasa kenyang lebih lama, sayuran ini bisa membantu tubuh ketika melawan perut kembung, juga diperkaya akan kandungan folat serta vitamin C.

4. Bayam

Dalam 30 gram bayam biasanya memiliki kandungan 7 kalori dan mampu mencukupi 56 persen kebutuhan vitamin A harianmu. Bayam juga diperkaya kandungan vitamin C, vitamin K, zat besi, dan folat. Bahkan, adanya kandungan beta karoten dan lutein di dalamnya juga termasuk jenis antioksidan yang mampu membantu menurunkan risiko terserang kanker.

Kamu bisa mengonsumsi bayam dengan cara ditumis bersama bawang putih, paprika merah, atau cabai, lalu berilah sedikit perasan lemon. Dengan begitulah hidangan bayam akan terasa lebih nikmat. Kamu juga bisa mencampurkan bayam pada salad, pasta, maupun sajian lainnya.

Demikianlah keempat jenis sayuran yang baik dikonsumsi saat diet. Dan sebaiknya kamu juga selalu menerapkan pola hidup sehat serta tak lupa untuk berolahraga secara teratur.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak