facebook

5 Manfaat Jambu Air Merah untuk Ibu Hamil yang Jarang Diketahui

Mericy setianingrum
5 Manfaat Jambu Air Merah untuk Ibu Hamil yang Jarang Diketahui
Jambu air merah (Instagram.com/@dowizzie)

Jambu air merah adalah salah satu buah yang dianjurkan untuk dikonsumsi bagi ibu hamil karena manfaatnya adalah dapat memenuhi kebutuhan asupan nutrisi bagi bumil setiap harinya. Selain rasanya yang enak, seperti dengan namanya buah jambu air merah ini mengandung banyak air sehingga dapat menghilangkan rasa haus saat mengonsumsinya. 

Bentuknya yang mirip dengan lonceng dan teksturnya dagingnya yang memiliki serat. Kemudian, warna buahnya pun bermacam-macam mulai dari putih, merah muda, hingga merah. Rasanya pun cenderung manis dan lembut sehingga bisa langsung disantap tanpa perlu diolah terlebih dahulu 

Dalam jambu air mengandung banyak vitamin mulai dari vitamin A, vitamin C, kalsium, zat besi, magnesium, zinc, potasium, asam sitrat, niacin, riboflavin, copper, dan thiamin. Lalu, buah jambu air merah ini juga mengandung senyawa organik tumbuhan seperti jambosine, betulinic acid dan  friedel lactone. Dirangkum dari morulaivf, berikut ini adalah lima manfaat jambu air merah untuk ibu hamil. 

1. Jaga kesehatan pencernaan

Masalah yang kerap muncul pada ibu hamil umumnya adalah sembelit atau kasus pencernaan lainnya. Oleh karena itu, guna mengatasi masalah ini ibu hamil dapat mengonsumsi jambu air karena kandungan seratnya dan juga menjaga kesehatan pencernaan.

2. Baik untuk kesehatan jantung 

Jantung adalah salah satu organ tubuh yang sangat penting untuk dijaga dan salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi jambu air merah ini. 

Pasalnya, buah ini mengandung zat antioksidan dan kalium yang mampu mengendalikan kadar kolesterol dan menurunkan tekanan darah serta mencegah penyakit jantung. 

3. Sumber zat besi

Saat ibu tengah hamil zat besi adalah zat yang sangat dibutuhkan. Pasalnya, zat ini dapat membantu memproduksi lebih banyak darah, mengantar oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh, menekan risiko keguguran dan mencegah kelahiran prematur.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh

Buah jambu air merah mengandung vitamin C dan mineral yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Kemudian, vitamin C juga dapat melindungi tubuh dari infeksi mikroba dan kandungan vitamin A juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh secara efektif.

5. Menjaga kesehatan kulit

Tidak hanya dapat melindungi tubuh dari infeksi mikroba saja. Jambu air merah yang didalamnya mengandung vitamin C ini juga mempunyai peranan penting sebagai antioksidan dan menjaga sel-sel kulit tetap sehat. 

Itulah lima manfaat jambu air merah untuk ibu hamil yang jarang diketahui. Semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak