facebook

6 Jenis Makanan dengan Kadar Omega 6 Tinggi untuk Pertumbuhan Otak Anak

Winka Orlando Saputra, S.Tr.Gz
6 Jenis Makanan dengan Kadar Omega 6 Tinggi untuk Pertumbuhan Otak Anak
Ilustrasi kacang kenari (Pixabay.com)

Omega 6 atau dengan nama lainnya asam linoleat, merupakan salah satu jenis asam lemak esensial yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh, sehingga kita harus mendapatkannya dari konsumsi jenis makanan tertentu.

Omega 6 memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Terkhusus pada anak, Omega 6 bersama omega 3 memiliki peran penting dalam proses perkembangan otak anak, meningkatkan kecerdasan, serta pertumbuhan fisik anak. 

Berdasarkan Angka Kecukupan Gizi (AKG) tahun 2019, menunjukkan bahwa pada anak dengan rentang usia 1-3 tahun membutuhkan asupan omega 6 sebanyak 7 gr per hari. Sementara itu, pada anak dengan rentang usia 4-9 tahun membutuhkan asupan omega 6 sebesar 10 gr per harinya.

Nah, bagaimana dengan pemilihan makanan yang mengandung kadar omega 6 tinggi untuk mencukupi kebutuhan harian anak?

Merangkum dari laman Healthline.com, inilah 6 jenis makanan dengan kadar omega 6 yang tinggi.

1. Kacang Kenari

Sebagai salah satu jenis kacang pohon, kenari memiliki kadar omega 6 yang paling tinggi, yaitu sebesar 28 gr omega 6 per 100 gr kacang kenari. Anda dapat menambahkan potongan kacang kenari pada berbagai makanan untuk anak, seperti yoghurt, oatmeal, ataupun salad.

2. Minyak Biji Bunga Matahari

Minyak biji bunga matahari memiliki kadar omega 6 sebesar 14 gr per 1 sendok makannya. Minyak jenis ini memiliki rasa yang netral sehingga dapat digunakan pada tumisan, saus salad, atau digunakan untuk memanggang makanan.

3. Tofu

Tofu atau tahu jepang sutra juga memiliki kandungan omega 6 yang tinggi, dimana per 100 gr tofu mengandung sekitar 4,9 gr omega 6. Anda dapat menambahkan tofu sebagai salah satu menu makan harian anak.

4. Biji Rami

Biji rami berasal dari tanaman rami dengan nama latinnya Cannabis sativa. Kandungan omega 6 pada biji rami, yaitu sebesar 8,2 gr per 3 sendok makannya. Biji rami dapat dijadikan sebagai tambahan pada smoothie, salad, sereal ,serta yoghurt.

5. Selai Kacang

Jenis selai yang terbuat dari kacang tanah ini mengandung sekitar 1,96 gr omega 6 per 1 sendok makannya. Anda dapat menambahkan selai kacang pada irisan roti, campuran smoothie, atau sebagai saus untuk buah - buahan.

6. Minyak Alpukat

Selain minyak biji bunga matahari, minyak alpukat juga mengandung omega 6 yang tinggi. Hal itu dibuktikan dengan kadar omega 6 pada per 1 sendok makannya, yaitu sebesar 1,75 gr. Minyak alpukat memiliki titik asap yang tinggi, sehingga dapat digunakan untuk menumis, memanggang, ataupun menggoreng makanan.

Itulah tadi 6 jenis makanan yang memiliki kadar omega 6 tinggi. Semoga bermanfaat bagi pembaca.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak