alexametrics

Laga Kedua Lawan Singapura, Timnas Putri Indonesia Harus Waspada Hal Ini

M Fuad Shulkhan Tsania
Laga Kedua Lawan Singapura, Timnas Putri Indonesia Harus Waspada Hal Ini
Pemain-pemain timnas putri Indonesia merayakan keberhasilan mencetak gol ke gawang Singapura pada laga leg pertama kualifikasi Piala Asia Putri 2022 di Dushanbe, Tajikistan, Jumat (24/9) malam. (ANTARA/HO-PSSI)

Timnas Putri Indonesia akan kembali berjuang melawan Singapura di leg kedua babak kualifikasi Piala Asia Wanita grup C. Meskipun di pertandingan pertama lalu skuat Garuda Pertiwi mampu memenangi laga, namun hal tersebut bukan suatu jaminan pertandingan kedua kali ini akan lebih mudah untuk dijalani oleh Safira Ika dan kawan-kawan.

Pasalnya, dengan margin kemenangan 1 gol yang dihasilkan pada pertandingan pertama lalu, masih sangat mungkin dikejar oleh Lionesses pada pertandingan ini. Jadi, ada beberapa hal yang harus diwaspadai oleh anak asuh Rudy Eka Priyambada pada pertandingan kedua kontra Singapura ini.

1. Perubahan Strategi Singapura

Mengejar defisit hanya 1 gol tentu akan membuat Singapura tampil all out. Jika pada pertandingan pertama lalu The Lionesse lebih sering memainkan sepak bola menunggu dan mengandalkan serangan balik, akan sangat mungkin pada pertemuan kedua ini mereka akan mengubah strategi.

Permainan menyerang sedari menit awal sudah pasti mungkin akan mereka terapkan untuk segera menyamakan kedudukan, demi menciptakan peluang untuk lolos ke putaran final.

Jika di pertandingan perdana lalu mereka sudah mampu membuat repot pertahanan Indonesia dengan skema penyerang tunggal, akan besar kemungkinannya jika Singapura akan menambah pemain yang bertugas untuk menyerang ke pertahanan Indonesia. Jadi, lini pertahanan Indonesia harus lebih concern terhadap ancaman-ancaman yang akan dihasilkan pemain lawan nih.

2. Set Piece Singapura

Meski Singapura belum mampu menciptakan gol di pertandingan perdana lalu, namun patut diakui kalau set piece yang mereka peragakan lebih variatif daripada timnas Garuda Pertiwi.

Setidaknya dari sepak pojok saja mereka mampu menghasilkan beberapa kemelut di depan gawang Indonesia, dan jika tidak cermat dalam membaca set piece yang diperagakan oleh para pemain Singapura, Indonesia bisa saja akan menuai hasil yang kurang bagus pada laga ini.

3. Kiper Timnas Indonesia Belum Teruji Sepenuhnya

Pada pertandingan pertama lalu, dapat disaksikan bersama, kiper Timnas Indonesia, Fani Supriyanto, tak banyak mendapatkan ancaman dari para pemain Singapura. Solidnya pertahanan dan juga cover lini tengah Indonesia yang digalang oleh Safira Ika, membuat ancaman para pemain Singapura tak sampai mengancam jala gawang skuat Garuda Pertiwi.

Alhasil, hampir di sepanjang laga, Fani tak mendapatkan threat yang membahayakan. Hal ini tentu saja harus diwaspadai. Pasalnya, jika Singapura berganti strategi dan memberikan ancaman yang terus, kiper asal PSIS Semarang tersebut bisa saja kaget karena belum benar-benar mendapatkan ujian di pertandingan pertama lalu.

Apapun yang terjadi, mendukung timnas Indonesia berjuang di level internasional adalah sebuah keharusan. Menang ataupun kalah adalah sebuah hal yang wajar dalam sebuah pertandingan. Yang penting, selalu semangat Garuda Pertiwi!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak