alexametrics

Peran Guru di Tengah Lautan Aplikasi Pembelajaran Gratis

ari pirani
Peran Guru di Tengah Lautan Aplikasi Pembelajaran Gratis
ilustrasi anak belajar mandiri (pexels/Helena Lopes)

Pendidikan merupakan salah satu bidang esensial dalam kehidupan. Bidang pendidikan semakin berkembang seiring kemajuan zaman dan teknologi sebagaimana yang terjadi di masa ini.

Media elektronik kini menjadi sarana utama dalam pelaksanaan pendidikan. Tidak hanya itu, berbagai aplikasi juga menjadi media yang sering digunakan dalam pembelajaran karena banyaknya aplikasi tidak berbayar, sehingga mudah didapatkan. Salah satu diantaranya yakni aplikasi belajar bahasa Inggris mulai dari aplikasi belajar speaking, vocabulary, grammar, dan sebagainya.

Kecanggihan aplikasi di atas memungkinkan untuk dipelajari secara mandiri. Siswa bisa mempelajarinya secara mandiri di manapun dan kapanpun. Dengan demikian, apakah peran guru akan tergantikan oleh aplikasi ini?

Siswa mungkin saja menggunakan aplikasi tersebut untuk belajar secara otodidak. Namun, mereka akan kehilangan bimbingan guru yang mampu mengarahkan dan mendampingi mereka saat belajar.

Di sinilah pentingnya peran seorang guru. Terlebih jika siswa masih sangat awam dengan bahasa Inggris dan masih dalam proses pertumbuhan, di mana mereka belum sepenuhnya mampu memutuskan hal yang benar, maka akan sulit jika tidak mendapat bimbingan.

Selain itu, siswa tidak mendapatkan pengetahuan akan nilai-nilai karakter yang penting bagi kehidupannya yang mana hal ini hanya diperolehnya dari guru bukan aplikasi. Pada dasarnya meskipun aplikasi itu sangat lengkap tapi hanya terbatas pada materi saja tidak ada penjelasan dan penanaman nilai-nilai moral sebagaimana yang dilakukan oleh guru.

Pengetahuan akan nilai-nilai moral ini menjadi sangat penting bagi para siswa karena hal ini merupakan pondasi dan pegangan bagi mereka sehingga dapat membentuk mereka menjadi pribadi yang baik.

Peran guru yang lain yang tidak dapat digeser ialah sebagai motivator. Guru dapat menjadi contoh baik yang patut ditiru oleh para muridnya. Oleh karenanya perbuatan baik seorang guru bisa menjadi motivasi bagi siswanya untuk melakukan hal yang sama.

Selain itu, seringkali guru juga mendukung dan menyemangati muridnya melalui petuah-petuah agar mereka tetap bersemangat dan giat belajar.

Demikian beberapa peran guru yang tak bisa tersisihkan oleh berbagai jenis aplikasi pembelajaran gratis yang semakin marak di era yang erat dengan digital seperti sekarang.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak