facebook

Tips Mencari Penghasilan Tambahan untuk Mahasiswa, Semua Serba Online

Prasiyanto Priadi
Tips Mencari Penghasilan Tambahan untuk Mahasiswa, Semua Serba Online
Ilustrasi mahasiswa.(Pixabay)

Bagi seorang pelajar atau mahasiswa mempunyai penghasilan tambahan adalah suatu  kebanggaan tersendiri. Ingin membeli apa pun yang diinginkan dengan mudah dibeli tanpa meminta uang dari orang tua. Tetapi perlu diingat bahwa tugas utama seorang pelajar atau mahasiswa yaitu belajar, dan buat freelance itu sebagai sampingan untuk mengisi waktu luang yang ada. Dengan demikian, tidak akan mengganggu tugas utama atau dari seorang pelajar atau mahasiswa.

Banyak di era sekarang untuk dapat menghasilkan uang. Bisa melalui internet seperti membuat blog atau website, membuat YouTube, dan berjualan di marketplace online yang tersedia, bekerja frelance dan lain sebagainya. Mari bahas satu persatu kesempatan atau peluang yang dapat diambil oleh mahasiswa dan pelajar sebagai freelance.

1. YouTube

Pertama ada platform YouTube, di sini kalian dapat mengupload video apapun yang kalian punya, tetapi sebaiknya jika memang tertarik terhadap youtube, buatlah konten yang fokus dan menarik, dan konsisten dalam mengeupload video. Kedua, pada awal terjun ke dunia YouTube jangan terpacu untuk cepat mendapatkan uang atau AdSense, karena memang persyaratan  yang ada di YouTube lumayan susah. Untuk dapat AdSense dari YouTube, perlu 1.000 subscribe dan 4.000 jam tayang, kalau sudah memenuhi  syarat maka YouTube akan meninjau akun anda apakah akun anda layak atau tidak untuk mendapatkan AdSense dari YouTube.

2. Website/Blog

Website juga bisa kalian manfaatkan untuk sampingan untuk kalian yang suka menulis, hampir sama seperti YouTube, kalau website lebih ke tulisan yang anda buat untuk kalian upload di website kalian, dan pembayarannya lewat iklan, dimana setiap ada pengunjung yang mengklik iklan maka dihitung masuk AdSense kalian.

3. Marketplace online

Banyak marketplace yang dapat kalian manfaatkan untuk berjualan apa saja, tetapi kembali lagi fokus pada satu yang kalian memang suka, dan mengerti apa yang kalian jual. Kalian bisa menjadi reseller yaitu menjualkan barang orang tanpa kalian membeli atau stok barang. Kalian perlu mencari toko yang memang anda percaya, untuk pembayaran saya sarankan menggunakan rekening atau transfer, karena memang transfer lebih gampang dan tidak ribet dari pada metode pembayaran COD.

4. Trading

Dunia trading memang lagi naik daun belakang-belakangan ini, banyak orang yang tergiur untuk terjun ke dunia trading karena melihat keuntungan yang sangat besar dan cepat. Tetapi perlu diingat bahwa risiko dalam dunia trading itu sangat tinggi, maka dari itu perlunya analisis. Jangan asal  menjual atau membeli saham tanpa analisis atau asal-asalan, hal itu dapat diartikan sebagai judi, dan itu tidak disarankan dan tidak diperbolehkan.

Untuk yang minat dalam dunia trading kalian dapat memanfaatkan beberapa platform seperti Binomo, Quotex, Binance, dan lain sebagianya. Untuk minimal deposit setiap platform berbeda-beda tetapi kebanyakan sekitar 10 dolar atau Rp 140.000, kalian dapat sudah dapat melakukan trading dengan minimal bit Rp  14.000, penarikan dana hasil trading, kalian dapat menggunakan rekening yang kalian punya untuk penarikan.

Tetapi saya sarankan jangan langsung terjun akun real, bisa belajar dahulu di akun demo, jika kalian sudah mampu profit secara konsisten dan paham bagaimana cara menganalisisnya maka bisa pindah kea kun real kalian. Satu lagi, jangan memakai uang untuk kebutuhan sehari-hari karena perlu diingat kembali bahwa trading ini memang risikonya sangat-sangat besar tetapi jika kalian mampu menganalisis dengan baik dan sudah paham keuntungan yang kalian dapat juga sangat tinggi, semakin modal kalian tinggi atau besar, profit yang akan kalian dapat juga sangat besar. Jadi pakailah uang yang memang tidak digunakan untuk kepentingan apapun untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan.

Kesimpulan

Kesimpulannya adalah melakukan kegiatan sampingan untuk mencari uang tambahan sah sah saja untuk dilakukan selama itu masih dalam jalur yang benar dan tidak merugikan orang lain. Mencari uang tidak ada yang mudah dan cepat maka kalian harus sabar, konsisten dan nikmati proses yang ada. Jangan tinggalkan tugas dan kewajiban anda saat ini entah  sebagai  pelajar, mahasiswa atau sudah bekerja. Yang terpenting jangan lupa untuk bersyukur terhadap apa yang sudah kita punya, terhadap apa yang sudah kita capai.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak