facebook

Ketika Seorang Rapper Bertransformasi Menjadi Raja

Shinta Ci
Ketika Seorang Rapper Bertransformasi Menjadi Raja
Agust D. (Allkpop)

"I'm a King, I'm a Boss." . Itu adalah salah satu potongan lirik paling ikonik dalam lirik Agust D, yang berasal dari salah satu hits lagu terbesarnya, “Daechwita. ”

“Agust D” adalah nama panggung yang dipilih oleh Min Yoongi ( Suga dari BTS ) saat dia mengeluarkan karya solonya di luar grup.

Saat diwawancarai oleh outlet media Grazia Korea pada tahun 2016, Suga berbagi bahwa dia sering menyematkan namanya sebagai “DT Suga” dalam liriknya, dan “Agust D” hanyalah “DT Suga” yang dieja terbalik. “DT” adalah singkatan dari “Daegu Town”, tempat kelahiran Suga.

Pada tahun yang sama, 2016, Agust D merilis mixtape pertamanya di bawah label Big Hit Entertainment, dalam format digital dan gratis. Dia merekam semua track dalam mixtape tersebut dalam rentang waktu antara 2011 hingga 2016. Produser musik asal Korea Selatan itu mengatakan dia menciptakan lebih dari enam puluh lagu antara 2014 dan 2016, dan mengaku sebagai Agust D, dia bisa mengekspresikan dirinya dengan bebas.

Dan di sinilah Sang Raja mulai membuka jalan menuju tahta industri musik. Tamar Herman dari Billboard pernah berkoentar jika melalui 10 lagu "Agust D", Suga berhasil menambahkan elemen baru dalam karirnya, dan sangat berbeda dari apa yang telah dia rilis dengan BTS.

Sementara itu Jeff Benjamin dari Fuse mengatakan bahwa melalui Agust D, Suga sukses menunjukkan bahwa dirinya memang sangat berbakat dalam memproduksi lagu rap hardcore. Menurutnya, dengan Agust D, Suga telah menemukan cara untuk menarik perhatian penggemar hip hop paling fanatik.

Banyak outlet media yang memasukkan mixtape Agust D kedalam dalam daftar "Top 20 Mixtapes of 2016," karena semua lagu-lagunya menunjukkan jenis kejujuran emosional yang bisa menyentuh hati semua orang.

Dua video musik dirilis dari mixtape tersebut, yaitu “Agust D” dan “Give It To Me” juga mausuk ke dalam daftar 10 musik video K-pop yang paling banyak dilihat pada waktu itu, menempati peringkat #2 Amerika Serikat, dan di 10 besar video yang paling banyak dilihat di seluruh dunia, masing-masing Agust D & Give it to me peringkat #3 dan #8.

Pada Mei 2020 'Rap Dragon,'  Agust D kembali dengan mixtape keduanya yang berjudul D-2. Dari sanalah single “Daechwita” lahir.

Dalam video musik untuk "Dachwita" Min Yoongi berperan ganda sebagai anak lelaki sederhana yang mewakili rakyat Korea dan juga berperan sebagai raja. Dalam MV tersebut, Yoongi menggambarkan dengan jelas bagaimana sisi dirinya yang lemah, tidak berdaya, putus asa, harus berhadapan dengan sisi dirinya yang lain yang lebih kuat, kejam, dan berbahaya.

Daechwita adalah representasi penting dari perjuangan yang harus Yoongi lalui untuk menemukan dirinya sendiri, dan terus berjalan untuk mencapai mimpinya.

Mixtape D-2 telah memberi Min Yoongi mahkota, tahta, dan dominasi total dalam industri musik. Dia berhasil memecahkan rekor mengesankan dalam waktu singkat setelah dirilis dengan Daechwita menjadi video musik artis solo tercepat yang mencapai 2 juta likes di YouTube hanya dalam waktu dua jam, bahkan memuncaki chart iTunes di Amerika Serikat dan Inggris meskipun lagunya tidak berbahasa Inggris.

Mixtape keduanya tersebut juga berhasil debut di nomor 11 di chart utama Billboard 200, dan menempati posisi kedua di chart penjualan album teratas Billboard bahkan tanpa adanya promosi di acara-acara musik.

Justru para penggemar yang mempromosikan D-2 di semua platrofm digital hingga akhirnya Agust D menjadi artis solo pria Korea pertama yang seluruh albumnya berada di puncak tangga lagu iTunes di sekitar 100 negara berbeda, dan saat ini MV Daechwita telah mencapai 248 juta kali penayangan di Youtube.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak