facebook

4 Alasan Mengapa Jangan Membentak Anak, Dia Hanya Butuh Perhatian!

Muhammad Hafizh Ramadhan
4 Alasan Mengapa Jangan Membentak Anak, Dia Hanya Butuh Perhatian!
Ilustrasi seorang ibu dan anak-anaknya (pexels.com/@ketut-subiyanto)

Sebagian dari orangtua kadang kewalahan saat merawat anaknya yang kecil, karena biasanya anak kecil itu memang susah kalau dibilangin. Hal itu yang membuat orangtua cepat marah dan membentak dengan suara yang keras ketika anak bertingkah.

Padahal, jika terlalu sering membentak sang anak terlebih dengan suara yang keras itu bukanlah hal yang baik. Karena dengan membentaknya tidak bakal mengubah anak jadi penurut, hentikanlah kebiasaan buruk itu sebelum kamu terlambat. Berikut adalah alasan mengapa jangan membentak anak.

1. Semakin menambah emosi

Membentak anak tidak akan membuat kenakalannya atau masalahnya jadi berkurang, justru membentaknya hanya membuatmu semakin tambah emosi. Alhasil, ketika anak melakukan apapun terlihat selalu salah dan kamu bisa semakin kasar.

Cobalah tarik napas terlebih dahulu ketika anak sedang berulah. Jangan dulu merespon tindakannya, tanpa disadari anak akan tahu kalau orangtuanya sedang marah.

2. Anak yang berulah bukan nakal

Setiap anak kecil tidak terlahir dengan nakal, justru orangtua yang menyebut itu kepada anaknya. Ketika marah, biasanya orangtua membentak anaknya dengan mengeluarkan kata yang bukan-bukan. Maka, anak itu nantinya yakin kalau dirinya adalah apa yang dikatakan orangtuanya.

Anak yang berulah tersebut bukan artinya nakal, mungkin dia memang tidak sengaja atau cuma mau cari perhatian pada orangtuanya yang lagi sibuk.

3. Anak akan suka mengabaikan

Pernahkah kamu dibentak oleh atasan saat kerja? Pasti kamu akan mengabaikannya dan tidak mau mendengar apa yang dibicarakannya, begitu juga yang terjadi pada anak. Saat kamu membentak anak, hanya akan masuk ke telinga kanan dan keluar lagi dari telinga kiri.

Daripada membentaknya, lebih baik menggunakan cara lain seperti membisiknya, pasti si anak bakal lebih mendengarkanmu.

4. Anak akan mengingat perkataanmu selamanya

Setiap kata-kata yang kamu keluarkan saat membentak anak pasti berisi yang tidak baik. Kata-kata itu memang keluar sesaat saja bagi orangtua, tapi bagi si anak kata-kata itu akan terekam dalam otaknya dan akan diingat selamanya.

Tingkah anak yang bermacam-macam itu memang sangat menguji kesabaran orangtua. Namun, teruslah berlatih agar tidak membentaknya saat melihat kelakuan anak.

Itulah 4 alasan mengapa jangan membentak anak, yuk kontrol emosi di hadapan anak!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak