facebook

6 Bahan Alami yang Ampuh Mengatasi Bibir Kering, Ada Madu dan Lidah Buaya

Zulfah Ariyani
6 Bahan Alami yang Ampuh Mengatasi Bibir Kering, Ada Madu dan Lidah Buaya
Ilustrasi madu dan makanan manis.[Pixels]

Kondisi bibir yang kering tentu membuat tak nyaman selain itu juga mengganggu penampilan. Terkadang tanpa sengaja kita menjilat bibir yang kering dengan tujuan untuk melembabkan bibir. Namun ternyata, cara tersebut bukanlah cara yang tepat untuk mengatasi bibir kering.

Sekarang ini telah banyak produk pelembap bibir yang beredar di pasaran. Namun, ada banyak bahan alami yang bisa mengatasi bibir kering, lho. Merangkum dari Sehatq, berikut 6 bahan alami yang ampuh atasi bibir kering dan tentunya mudah didapatkan.

1. Madu

Madu. (Pexels/ROMAN ODINTSOV)
Madu. (Pexels/ROMAN ODINTSOV)

Madu dikenal sebagai salah satu bahan alami yang memiliki beragam manfaat, salah satunya mengatasi bibir kering. Madu diyakini mampu melembabkan bibir kering

Selain itu, kandunhan antioksidan, antiradang, dan antibakteri yang ada dalam madu mampu mencegah infeksi pada bibir.

Cara menggunakannya pun sangat mudah, cukup oleskan madu secara merata pada bibir, dengan pemakaian secara rutin maka akan membuat bibir terasa lembap.

2. Timun

Timun. (Pexels/Angele J)
Timun. (Pexels/Angele J)

Timun tak hanya berfungsi sebagai lalapan untuk pelengkap makanan. Namun, timum juga memiliki manfaat untuk melembabkan bibir kering.

Kandungan vitamin dan mineral pada timun diyakini mampu memperbaiki kondisi bibir. Oleskan timun pada bibir dan lakukan secara rutin agar mendapat hasil yang maksimal.

3. Minyak Kelapa

Minyak kelapa. (Pexels/Tijana Drndarski)
Minyak kelapa. (Pexels/Tijana Drndarski)

Tak diragukan lagi, minyak kelapa memiliki beragam manfaat untuk kesehatan, salah satunya mengatasi bibir kering. Minyak kelapa memiliki kandungan antiradang dan antimikroba yang berfungsi untuk memcegah bibir dan mampu melembutkan bibir. Cara menggunakannya pun cukup dengan mengoleskan minyak kelapa secara merata pada bibir.

4. Teh Hijau

Bubuk teh hijau. (Pexels/Pixabay)
Bubuk teh hijau. (Pexels/Pixabay)

Teh hijau memiliki kandungan antioksidan dan mineral yang memiliki manfaat memgurangi peradangan pada bibir. Tak hanya itu, teh hijau juga diyakini mampu melembutkan dan mengurangi kulit kering.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, rendamlah kantong teh hijau ke dalam air hangat kemudian gosokkan secara perlahan pada bibir.

5. Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya. (Pexels/Ksenia Chernaya)
Tanaman lidah buaya. (Pexels/Ksenia Chernaya)

Kandungan antiradang dan antimikroba yang terdapat pada lidah buaya juga diyakini mampu mengurangi kerusakan dan mencegah infeksi pada bibir.

Selain itu, lidah buaya memiliki kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan yang tinggi sehingga mampu melembutkan bibir. Oleskan gel lidah buaya secara merata pada bibir agar bibir menjadi lebih lembap.

6. Air Putih

Minum air putih. (Pexels/Cottonbro)
Minum air putih. (Pexels/Cottonbro)

Minum cukup air putih akan mengurangi risiko dehidrasi. Bibir kering merupakan salah satu indikasi bahwa kamu mengalami dehidrasi, maka kamu perlu memperhatikan asupan air per harinya agar terhindar dari resiko bibir kering.

Itulah enam bahan alami yang ampuh atasi bibir kering dan melembabkan bibir. Selain itu, bahan alami dinilai lebih aman digunakan dan tentunya mudah untuk didapatkan. Selamat mencoba.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak