facebook

3 Strategi Membangun Bisnis bagi Introvert, Maksimalkan Kelebihan Diri!

Muhammad Hafizh Ramadhan
3 Strategi Membangun Bisnis bagi Introvert, Maksimalkan Kelebihan Diri!
Ilustrasi seorang introvert sedang bekerja (pexels.com/@ivan-samkov)

Orang yang introvert sering dianggap tidak bisa berbisnis karena jarang melakukan sosialisasi. Hal tersebut tentu tidaklah benar, karena seorang introvert mempunyai banyak potensi yang dapat membuat dirinya berhasil dalam berbisnis, bahkan saat memulai usaha yang pertama kali.

Namun, memang ada berbagai hal yang harus diperhatikan bagi para introvert. Jika berhubungan sama orang lain cepat menguras energi mereka. Sementara ketika masuk dalam dunia bisnis, mereka bakal banyak mengikuti aktivitas sosial agar semakin meluaskan hubungan profesional.

Oleh sebab itu, seorang introvert membutuhkan strategi ketika menjalankan sebuah bisnis. Berikut beberapa strategi membangun bisnis bagi introvert.

1. Memilih ekstrovert sebagai partner bisnis

Orang yang memiliki kepribadian introvert lebih cepat kehabisan energi usai berkomunikasi sama orang lain. Mereka pun lebih suka berinteraksi dengan orang yang sedikit daripada banyak orang pada waktu yang sama. Sementara hal itu sangat dibutuhkan agar menambah koneksi dalam berbisnis.

Namun, tidak perlu khawatir, kamu masih dapat memilih seorang ekstrovert daripada harus memaksakan dirimu. Misalnya kisah seorang pendiri Apple, yaitu Steve Jobs dan Steve Wozniak. Jobs yang menjadi ekstrovert memiliki tanggung jawab pada pemasaran, sementara Wozniak lebih banyak mengatur pada perkembangan produk.

2. Memanfaatkan kemampuan leadership

Para Introvert sebenarnya memiliki sifat kepemimpinan yang bisa membuatnya menjadi seorang leader yang dapat dipercaya. Walaupun terlihat tenang, seorang introvert selalu tekun dalam berpikir. Ini yang membuat mereka menjadi pemikir kritis dan juga pintar ketika menentukan sesuatu.

Bukan hanya itu, mereka juga seorang pendengar yang baik. Kemampuan tersebut bisa membantunya untuk mengetahui dan melakukan analisis sebuah masalah dari segala perspektif sehingga dapat membuat solusi yang baik.

Oleh sebab itu, seorang introvert mesti memaksimalkan kelebihan yang dimilikinya untuk membangun bisnis. Karena pemimpin baik itu adalah yang mampu mengambil keputusan, berpikir kritis, punya kemampuan dalam menganalisa, dan juga memiliki empati.

3. Mengatur energi

Kalau belum menemukan partner seorang ekstrovert saat ini, maka kamu perlu strategi yang lain. Mengatur energi merupakan salah satunya. Pada saat kamu mulai tidak sanggup mengerjakan sesuatu dan lelah dalam psikis, itu merupakan waktu yang baik bagimu untuk beristirahat.

Gunakan waktu libur untuk mengumpulkan kembali energi sehingga dapat melakukan aktivitas seperti biasa lagi nantinya.

Itulah 3 strategi membangun bisnis bagi introvert. Walaupun diragukan, tapi seorang introvert punya kesempatan yang sama seperti ekstrovert dalam membangun bisnis.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak