facebook

3 Manfaat jika Anak Gemar Membersihkan Rumah

Eliyas Yahya
3 Manfaat jika Anak Gemar Membersihkan Rumah
ilustrasi anak bersih-bersih rumah.[pixabay.com]

Jika melihat kondisi anak yang semakin banyak mager (males gerak), hanya tidur-tiduran di kamar sambil main gadget, tentu membuat para orang tua resah dan bingung. Kondisi psikologis seperti itu akan menjadi dampak buruk bagi si anak karena akan membentuk pribadi anak yang malas dan tidak mengenal kerja keras.

Mendidik anak dengan cara menyuruhnya membersihkan rumah, kamar dan semua yang ada dalam rumah adalah salah satu cara pendidikan yang memiliki dampak positif bagi perkembangan anak kelak.

Berikut 3 dampak positif yang didapatkan si anak jika gemar membersihkan kamar atau rumahnya : 

1. Terjaganya kesehatan dalam rumah

Jika kita mendidik anak untuk selalu membersihkan rumah atau kamarnya ini sangat berdampak pada tingginya kesehatan rumah. Misalnya jika anak gemar membersihkan sampah, rumah kita akan terbebas dari kuman dan nyamuk, yang hal itu bisa menjadi sumber penyakit ringan hingga berat, bagi penghuni rumah. 

2. Tidur si anak lebih nyenyak

Jika kamar tidur si anak kotor, jelas akan berpengaruh pada kualitas tidurnya. Ia akan merasa risih dan tidak bisa tidur dengan nyenyak, mungkin karena banyak semut,lalat atau debu yang ada di kamarnya. Akibat sisa sampah yang ada dalam kamar, dengan si anak membersihkan kamarnya, tentunya tidurnya akan lebih nyenyak dan mendapatkan kualitas tidur yang baik. 

3. Menjadi pribadi yang tanggung jawab 

Dengan menjadikan kamar tidur milik si anak adalah tanggung jawab pertamanya, dan membersihkan rumah adalah tugas sehari-harinya. Si anak akan dengan sukarela atau mulanya dengan terpaksa membersihkan itu semua karena menganggapnya sebagai tugas dan tanggung jawabnya. Dampak positifnya kelak jika si anak sudah dewasa ia akan bisa mengemban tugas dan tanggung jawab yang di berikan kepadanya, karena sejak kecil ia sudah terbiasa melakukan tugas rumah dengan baik. 

Berikut adalah cara sederhana mendidik anak dalam rumah, agar tidak menjadi pribadi yang malas, tumbuh menjadi pribadi yang tanggung jawab dan mengenal akan tugas,cara sederhana ini akan menjadi habit yang baik kelak jika anak sudah dewasa.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak