facebook

Ikuti 3 Cara Mudah Menemukan Hobi dalam Dirimu!

diemaya dewi
Ikuti 3 Cara Mudah Menemukan Hobi dalam Dirimu!
Ilustrasi Mencari Hobi dalam Diri (Freepik.com)

Memiliki hobi merupakan hak setiap manusia. Pada dasarnya, hobi ada suatu aktivitas yang bisa berevolusi dan berkembang sesuai dengan minat dan bakat kita di masa yang sekarang. Bisa saja hobi yang kita lakukan di masa kecil tidak lagi kita lakukan di masa yang sekarang karena itulah dapat dikatakan hobi bisa berevolusi sesuai bakat minat yang kita miliki ketika kita bertumbuh dewasa. Melansir dari salah satu Start-Up digital Indonesia dalam kanal YouTube resminya, Satu Persen Indonesian Life School, ada beberapa cara mudah untuk menemukan hobi dalam diri. Bagaimana caranya? Yuk, simak 3 cara mudah menemukan hobi dalam dirimu di bawah ini.

1. Carilah Minat Anda dengan Cara Evaluasi Diri

Carilah minat Anda dengan cara buat daftar apa saja yang Anda sukai. Tulislah minimal 3 hal yang Anda suka meskipun kegiatan itu sudah tidak Anda lakukan lagi. Setelah itu, cobalah identifikasi apa saja kesamaan dari daftar yang telah Anda buat. Kemudian pikirkanlah profesi apa yang bisa Anda buat melalui kegiatan yang Anda sukai yang telah Anda masukkan ke dalam daftar. Hal ini dilakukan untuk menemukan rasa nyaman jika melakukan dan mengembangkan kegiatan tersebut sehingga bisa dikatakan itu adalah sebuah hobi.

2. Jujur pada Diri Sendiri Terhadap Hal yang Anda Anggap Bernilai Tinggi

Pada poin ini juga sangat menentukan hobi Anda di bidang apa? jika Anda adalah orang yang berjiwa dermawan, kemungkinan terjun bersosialisasi ke masyarakat dan mengikuti volunteer merupakan hobi Anda. Jika Anda suka memimpin seseorang, bisa jadi Anda memiliki hobi sebagai leader suatu tim. Kenali diri Anda terlebih dahulu untuk menemukan hobi dalam diri Anda.

3. Telaah Keterampilan dan Tentukan Tindakan Selanjutnya

Hobi tertentu membutuhkan set keterampilan khusus. Melihat keterampilan dalam diri Anda juga perlu karena ini akan menjembatani tindakan selanjutnya yang harus kamu lakukan. Jika Anda adalah orang yang terampil dalam mewarnai dan menggambar, bisa jadi hobi Anda adalah melukis. Langkah selanjutnya, Anda bisa mengikuti kompetisi melukis sebagai bentuk apresiasi diri terhadap keterampilan yang Anda punya. Alhasil, hobi ini akan berkembang seiring berjalannya waktu.

Itulah tiga cara mudah menemukan hobi dalam diri Anda. Jangan takut untuk memulai mencoba sebagai cara menemukan hobi. Tidak masalah jika hobi Anda berubah seiring dengan bakat dan minat yang sekarang. Selamat mencoba!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak