facebook

5 Cara Mengatasi Kesedihan Akibat Putus Hubungan Persahabatan

Santi Kartika
5 Cara Mengatasi Kesedihan Akibat Putus Hubungan Persahabatan
Ilustrasi wanita (Pexels.com/Marcelo Chagas)

Putus hubungan persahabatan merupakan hal yang menyakitkan. Hubungan persahabatan bisa berakhir disebabkan oleh banyak hal, di antaranya adalah karena komunikasi yang tidak terjalin baik, adanya kesalahpahaman dan konflik, serta karena perbedaan tujuan.

Meskipun menyakitkan, kamu harus bisa melalui hal ini dengan baik. Kamu tidak boleh untuk terus-menerus bersedih mengenai hal ini. Kamu harus move on. Di bawah ini adalah 5 cara untuk mengatasi kesedihan akibat putus hubungan persahabatan.

1. Kamu harus tahu bahwa orang akan datang dan pergi

Ilustrasi wanita (Pexels.com/Engin Akyurt)
Ilustrasi wanita (Pexels.com/Engin Akyurt)

Misalnya, kamu mengenal seseorang dengan baik dan kamu berhubungan baik dengannya, namun itu tidak berarti bahwa kamu akan bisa selamanya bersama dengan mereka. Orang akan datang dan pergi sesuai waktunya.

Orang datang di kehidupanmu dengan berbagai alasan. Terkadang, mereka datang ke kehidupanmu untuk memberimu banyak pelajaran hidup. Jadi, kamu harus tahu bahwa hal tersebut adalah bagian dari proses yang harus dilalui semua orang.

2. Kamu memerlukan waktu untuk bisa menyembuhkan luka yang kamu alami

Ilustrasi wanita (Pexels.com/Masha Raymers)
Ilustrasi wanita (Pexels.com/Masha Raymers)

Setelah mengalami putus hubungan persahabatan, kamu tidak harus menunjukkan bahwa kamu baik-baik saja. Kamu harus terima fakta bahwa kamu memang tidak sedang baik-baik saja. Waktu yang akan bekerja untuk menyembuhkan luka tersebut.

Intinya, kamu perlu waktu agar luka tersebut bisa sembuh dengan sendirinya.

3. Kamu bisa bersandar dengan orang terdekat dan sahabat yang kamu miliki

Ilustrasi wanita (Pexels.com/Andrea Piacquadio)
Ilustrasi wanita (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Meskipun kamu baru saja kehilangan sahabatmu, kamu tentu masih punya orang-orang terdekat yang akan selalu ada untukmu. Kamu bisa bersandar kepada mereka dan menceritakan kepada mereka mengenai apa yang ada dalam benakmu. Dengan begitu, kamu tidak akan merasa sendirian dan kamu akan merasa lega setelah berbagi cerita kepada mereka.

Kamu harus fokus pada apa yang masih kamu miliki, dibandingkan fokus pada apa yang hilang.

4. Kamu harus mencoba hal baru

Ilustrasi wanita (Pexels.com/Andrea Piacquadio)
Ilustrasi wanita (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Untuk mengatasi kesedihanmu, kamu bisa mulai untuk mencoba hal baru. Kamu bisa coba untuk menjalankan hobi yang selalu kamu ingin jalankan, kamu juga bisa mengikuti events yang menarik perhatianmu, atau kamu mungkin bisa mengikuti kursus-kursus tertentu. Dengan menjalani hal tersebut, maka kamu tidak akan larut dalam kesedihanmu.

5. Kamu perlu waktu untuk memahami dirimu sendiri

Ilustrasi wanita (Pexels.com/mentatdgt)
Ilustrasi wanita (Pexels.com/mentatdgt)

Setelah kehilangan sahabat, kamu tidak boleh menyalahkan dirimu. Semua terjadi bukan karena kesalahanmu. Kamu harus bisa menjalankan apa yang disebut dengan self-forgiveness. Sekarang adalah waktunya untuk bisa memahami lebih jauh mengenai dirimu sendiri, serta merefleksikan mengenai apa yang sesungguhnya kamu inginkan dari sebuah persahabatan.

Itu tadi adalah 5 cara mengatasi kesedihan akibat putus hubungan persahabatan. Ketahuilah bahwasanya orang akan datang dan pergi dalam hidup kita untuk memberikan pelajaran penting untuk kita.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak