alexametrics

Dampak Hubungan antara Indonesia dan Australia: Pelepasan Timor Timur

Rizky Naufan ha
Dampak Hubungan antara Indonesia dan Australia: Pelepasan Timor Timur
Ilustrasi Australia-Indonesia

Dampak lainya yang dirasakan ialah dicabutnya izin liputan dari pemerintahan Australia oleh pihak Indonesia yang sudah terjalin selama 20 tahun.

Suara.com - Indonesia secara geografis memiliki kedekatan dengan Australia yang mana hanya dibatasi oleh Samudra hindia. Oleh sebab itu tidak heran jika kedua negara tersebut terjalin hubungan baik secara langsung maupun tidak langsung dengan kondisi geografis tersebut bahkan saat Indonesia baru lahir sebagai sebuah negara.      

Selain hal tersebut, salah satu hal lain yang membuat kedua negara ini rawan terhadap permusuhan karena tiap negara tersebut mempunyai kepentingan masing-masing dalam berbagai sektor.

Kedua negara tersebut mempunyai cara pandang dan kebijakan yang berbeda dalam kerangka kebijakan dalam negeri maupun luar negeri sehingga kedua negara ini pun memiliki sejarah hungan internasional yang sangat panjang dan tidak sedikit pula terjadi gesekan-gesekan  antara kedua negara tersebut yang mengancam hubungan menjadi buruk.

Dampak Hubungan Indonesia dan Australia pada Peristiwa Pelepasan Timor Timur dari NKRI

Setelah 22 tahun Timor Timur menjadi bagian dari NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia)  memilih melepaskan diri dari kedaulatan NKRI pada tahun 30 oktober 1999. Timor Timur bergabung kedalam kedaulatan NKRI pada tahun 1976 dan memilih untuk melepas diri.

Dampak dari hal tersebut tidak hanya dirasakan oleh pemerintahan Indonesia, tetapi juga dirakan oleh pihak luar yang menjalin hubungan Kerjasama dengan Indonesia salah satunya ialah Australia.

Indonesia menerima dampak yang cukup besar baik dalam hal politik hingga dampak ekonomi. Dampak ekonomi yang diterima ialah penurunan citra terhadap pemerintahan Indonesai yang mana pada masa tersebut ialah presiden Soeharto. Penurunan citra ini sangat penting khususnya untuk kepentingan dengan menjalin hubungan luar negeri.

Dampak selanjutanya ialah pada bidang ekonomi di mana Indonesia kehilangan sumber daya alam dan manusia yang cukup besar. Serta pembangungan-pembangunan yang sia-sia sehingga berkurangnya pemasukan negara.

Di samping itu perusahaan yang berada di Timor Timur yang terjalin Kerjasama dengan pihak luar secara tidak langsung dibubarkan karena perbedaan wilayah yang sudah terjadi.

Dampak yang dirasakan cukup besar ialah kerugian dari kedua belah pihak yang di mana sebelumnya Indonesia menerima bantuan dari pihak Austrlia berupa bantuan berbentuk proyek, bantuan pangan, dan program latihan yang mana salah satu tempat yang dituju dari program itu ialah daerah Timor Timur. Pelepasan dari Timor Timur pun berdampak terhadap hubungan bantuan tersebut.

Komentar