alexametrics

Daftar 5 Tim Pabrikan yang Ikut di Kejuaraan MotoGP 2021

Desyta Rina
Daftar 5 Tim Pabrikan yang Ikut di Kejuaraan MotoGP 2021
Ajang Balap Motor MotoGP (Pixabay)

FIM MotoGP World Championship atau yang biasa kita kenal sebagai MotoGP adalah kejuaraan kelas utama dari seri balapan Grand Prix untuk sepeda motor. Musim pertama MotoGP digelar pada tahun 1949 dan berjalan hingga saat ini.

Sepanjang sejarah MotoGP, ada banyak tim pabrikan maupun satelit yang ikut berkompetisi. Semua berusaha menunjukkan performa terbaik, persaingan antar rider maupun tim juga tak terelakkan. Dari tahun ke tahun, pasti ada dua atau tiga tim pabrikan yang bersaing ketat untuk mendapat gelar juara dunia.

Di bawah ini adalah 5 tim pabrikan yang mengikuti kompetisi MotoGP.

1. Ducati Corse

Ducati adalah pabrikan motor yang berasal dari Italia, pusatnya ada di kota Bologna, Italia. Saat ini Ducati berkompetisi di dua ajang balapan yakni MotoGP dan World Superbike.

Tahun 2003 pabrikan ini mulai memasuki kompetisi MotoGP, karena di tahun sebelumnya aturan teknik MotoGP mengharuskan para pembalap untuk memakai mesin 4 tak.

Hal ini membuat Ducati tertarik untuk ikut bergabung. Saat ini rider yang bekerja sama dengan pabrikan ini adalah Jack Miller dan Francesco Bagnaia.

2. Repsol Honda

Tim raksasa asal Jepang ini mengikuti ajang balap MotoGP pada musim tahun 1995, saat itu ia langsung menjelma menjadi tim yang ditakuti hingga menjadi salah satu tim tersukses di MotoGP.

Rider-rider kebanggaannya diantaranya ada Nicky Hayden, Casey Stoner, dan Marc Marquez. Marc Marquez sendiri telah berhasil merai gelar juara dunia sebanyak 6 kali bersama tim ini yakni pada tahun 2013, 2014, 2016, 2017, 2018, dan 2019.

3. Yamaha Motor Racing

Yamaha Motor Racing adalah tim resmi yang didirikan Yamaha, sebuah pabrikan motor asal Jepang di kompetisi balap MotoGP. Sejak berdiri pada tahun 1999 tim ini memiliki markas di Belanda, namun pada tahun 2002 mereka merelokasinya ke Lesmo, Italia.

Saat ini Yamaha memiliki dua rider unggulan yakni Fabio Quartararo dan Maverick Vinales. Dimana Quartararo saat ini memimpin klasemen perolehan poin sementara.

4. Red Bull KTM Factory Racing

KTM adalah tim pabrikan yang saat ini juga ikut andil dalam ajang balap MotoGP, tim ini disponsori oleh perusahaan minuman Red Bull.

KTM memulai debutnya di MotoGP pada tahun 2017 dan saat ini memiliki 2 rider unggulan di kelas utama yakni Brad Binder dan Miguel Oliveira. Dani Pedrosa, mantan pembalap Repsol Honda ini dipercaya sebagai test rider setelah ia pension membalap.

5. Suzuki ECSTAR

Tahun lalu tim pabrikan asal Jepang ini berhasil memenangkan musim 2021 bersama pembalapnya, Joan Mir. Kesuksesan tersebut menuai berbagai pendapat, selain karena kekonsistenan Joan Mir dan tim, kemenangan tersebut ditengarai berhasil diraih karena absennya Marc Marquez pada musim lalu. Suzuki termasuk tim senior yang bergabung di MotoGP yakni pada tahun 1974 .

Itulah kelima tim pabrikan yang saatini mengikuti ajang balap MotoGP, semenjak dominasi Marc Marquez dan Repsol Honda menurun, menjadikan MotoGP menjadi lebih kompetitif.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak