facebook

20 Mahasiswa Yogyakarta dan Jawa Tengah Hadiri Program Kreatif Suara Community Institute Batch 2

Hayuning Ratri Hapsari
20 Mahasiswa Yogyakarta dan Jawa Tengah Hadiri Program Kreatif Suara Community Institute Batch 2
Para peserta dan pemateri Suara Community Institute Batch 2 di Laboratorium Public Relation Kampus II UPN Veteran Yogyakarta, Sabtu (6/8/2022). (Suara.com)

Suara.com menggelar program Suara Community Institute Batch 2 bagi para mahasiswa yang tertarik dengan dunia jurnalistik dan content creation di Kampus II UPN "Veteran" Yogyakarta, Sabtu (6/8/2022).

Jumlah mahasiswa yang mengikuti program tersebut sebanyak 20 orang dari perguruan tinggi negeri dan swasta yang berada di Yogyakarta dan Jawa Tengah. Capaian ini mengalami peningkatan dari sebelumnya Suara Community Batch 1 yang diikuti oleh belasan peserta.

Program ini diselenggarakan secara gratis dan tidak membatasi latar belakang jurusan dari para mahasiswa.

Salah satu peserta, yakni Diki, mahasiswa UGM Yogyakarta mengaku ingin mengikuti Suara Community Institute karena memiliki ketertarikan dalam bidang videografi dan social media management, meskipun tidak ada sangkut pautnya dengan jurusan kuliahnya.

"Di sini (Suara Community Institute Batch 2) aku tertarik di social media management sama video karena dari SMA sudah suka dan kegiatannya seputar itu," ucap Diki.

"Aku pengin nyoba belajar cara manajemen media sosial yang benar," ujarnya kembali.

Suara Community Institute Batch 2 dibuka oleh Plt Kepala Biro Suara.com di Yogyakarta Dany Garjito pada Sabtu (6/8/2022) pagi. Ia menekankan program ini bertujuan untuk memperluas jaringan, serta kerja sama dengan kampus dan komunitas, khususnya secara offline.

"Harapannya agar setiap peserta bisa siap untuk bekerja di dunia kerja dan mendapat manfaat dari program ini," ucap Dany dalam sambutannya.

Beberapa rangkaian kegiatan hari pertama Suara Community Institute Batch 2, di antaranya penyampaian materi jurnalistik dasar, penugasan artikel individu, penyampaian materi creative thinking, dan penugasan creative thinking secara berkelompok.

Adapun materi jurnalistik dasar dibawakan oleh Rima Sekarani Imamun Nisa selaku Redaktur Senior Suara.com. Pada sesi pertama ini, Sekar menjelaskan teknik-teknik dasar untuk membuat sebuah berita, jenis-jenis berita, fotografi jurnalistik, dan persiapan liputan.

Para peserta Suara Community Institute Batch 2 saat menerima materi jurnalistik dasar oleh Rima Sekarani di Laboratorium Public Relation Kampus II UPN Veteran Yogyakarta, Sabtu (6/8/2022). (Suara.com)
Para peserta Suara Community Institute Batch 2 saat menerima materi jurnalistik dasar oleh Rima Sekarani di Laboratorium Public Relation Kampus II UPN Veteran Yogyakarta, Sabtu (6/8/2022). (Suara.com)

Sebelum mengakhiri sesi, para peserta juga diajak untuk mencoba simulasi liputan terkait acara Suara Community Institute yang tengah berlangsung. Beberapa panitia berperan sebagai narasumber, sedangkan para peserta dipersilakan untuk menjadi pewawancara.

Tidak cukup sampai di situ, bahan liputan hasil wawancara tersebut akan digunakan untuk penugasan menyusun artikel.

Menjelang sesi kedua dimulai, peserta dibagi ke dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok mendapatkan undian untuk penugasan pada materi berikutnya, yakni creative thinking.

Undian terdiri dari beberapa tema besar, di antaranya rekomendasi buku/film, kehidupan kampus, travelling, a day in my life, dan self improvement.

Dalam sesi kedua yang dipandu oleh Antonius MB dari Krya Global, para peserta diajak untuk berdiskusi membuat ide konsep campaign kreatif sesuai tema yang telah diperoleh. Pemaparan materi creative thinking ini sendiri dilaksanakan secara hybrid via Zoom.

Suara Community Institute Batch 2 dibagi menjadi 4 pertemuan. Pada 2 pertemuan pertama, para peserta akan diberikan materi dan penugasan mengenai digital journalism, content creation, creative thinking, dan social media. Kemudian, 2 pertemuan selanjutnya digunakan untuk review dari mentor dan penayangan produk akhir peserta.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak