facebook

5 Tips Menjaga KeharmonisanKeluarga

merita elvina
5 Tips Menjaga KeharmonisanKeluarga
Foto download unsplash.com/ @nci

Keluarga adalah tempat kita mengadu,berbagi suka duka, dan mencurahkan segalanya. Bagi sebagian orang juga tempat berlindung dan tempat pulang, setelah merantau ke luar kota atau bahkan negeri.

Dalam sebuah keluarga, ada satu hal yang sangat berpengaruh, yakni keharmonisan. Agar keharmonisan keluarga tetap terjaga dengan baik dan hangat, terapkan hal berikut ini untuk selalu dapat dilakukan. 

1. Selalu terbuka dalam segala hal

Segala apapun dapat di ceritakan tanpa harus ada yang ditutup-tutupin. Walau ada batasan-batasan  antara orang tua dan anak yang memiliki cerita privasi yang tetap dijaga. 

2. Selalu meluangkan waktu untuk berkumpul

Aktifitas masing-masing sudah menyita waktu yang banyak untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Sehingga untuk berkumpul dengan keluarga sangat susah dilakukan. Luangkan waktu dimana, waktu itu hanya dikhususkan untuk keluarga saja tanpa harus melakukan kegiatan lain yang tidak berhubungan dengan keluarga. 

3. Selalu mengucapkan kalimat sayang

Bentuk perhatian dan perasaan kita kepada keluarga bisa kita lakukan dengan cara mengatakan  "I Love you" atau kalimat pujian lainnya kepada pasangan,orang tua dan anak-anak . Sehingga kita tetap selalu memiliki perasaan hangat dan dekat dengan keluarga setiap saat. Di saat kita mau melakukan kegiatan sehari-hari, perkataan itu adalah salah bentuk penyemangat utama yang di inginkan baik itu pasangan, orang tua, dan anak-anak. 

4. Selalu support kepada keluarga

Setiap usaha atau pencapaian apapun yang akan dilakukan pasangan, orangtua, maupun anak. Keluarga adalah support utama yang dibutuhan sehingga semangat dan percaya diri tetap timbul dalam diri. Keluarga tetap selalu ada bila dibutuhkan dan penyemangat dalam segala perjuangan hidup, karier yang kita hadapi. 

5. Selalu berikan yang terbaik untuk keluarga

Material juga sangat dibutuhkan dalam membangun sebuah keluarga, tetapi bukan semata-mata hanya material yang baik yang dibutuhkan tapi perhatian dan kasih sayang. Contohnya soal makanan yang diberikan tetap terjaga dengan baik agar keluarga tetap sehat, dan kenyamanan rumah yang bersih dan baik. 

Semoga kita memiliki hubungan keluarga yang baik dan harmonis dan tetap selalu memberikan kita waktu bersama yang baik dengan keluarga. Sebuah keluarga yang dapat menciptakan keharmonisan dan kehangatan yang baik dapat berdampak positif yang baik untuk lingkungan sekelilingnya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak