facebook

5 Fakta Republik Afrika Tengah, Salah Satu Negara Termiskin di Dunia

Ahmad Irfan Ramadhan
5 Fakta Republik Afrika Tengah, Salah Satu Negara Termiskin di Dunia
Peta Republik Afrika Tengah (Unsplash.com/dk_photos)

Republik Afrika Tengah adalah salah satu negara yang terletak di bagian tengah Benua Afrika. Ibu kota Republik Afrika Tengah adalah Bangui. Republik Afrika Tengah adalah salah satu negara termiskin di dunia.

Dahulunya Republik Afrika Tengah adalah negara jajahan Prancis, tak heran jika salah satu bahasa resmi negara ini adalah bahasa Prancis.

Republik Afrika Tengah memiliki beragam fakta dan keunikan yang terdapat didalamnya. Menyadur dari laman Bigseventravel berikut ini adalah 5 fakta negara Republik Afrika Tengah.

1. Republik Afrika Tengah adalah salah satu negara termiskin di dunia

Republik Afrika Tengah adalah negara yang kaya akan sumber daya alam termasuk berlian, emas, minyak, dan kayu. Meskipun demikian, negara ini adalah negara termiskin kedua di dunia jika diukur dari PDB per kapita.

Negara ini juga merupakan negara dengan tingkat kelaparan tertinggi di dunia menurut indeks kelaparan global. Angka harapan hidup di Republik Afrika Tengah adalah yang terendah di dunia yaitu 52,8 tahun.

2. Republik Afrika Tengah adalah negara multi-budaya

Republik Afrika Tengah adalah rumah bagi 80 kelompok etnis yang berbeda, masing-masing dengan bahasanya sendiri. Kelompok yang paling dominan adalah Baya (33%), Banda (27%), Mandija (13%) dan Sara (10%). Hampir sembilan per sepuluh penduduk berbicara bahasa Sango.

3. Republik Afrika Tengah adalah negara yang kaya akan keanekaragaman hayati

Negara ini memiliki keanekaragaman hayati yang menakjubkan, rumah bagi spesies langka dan endemik seperti gorila, gajah, kuda nil, cheetah, singa, dan badak.

4. Republik Afrika Tengah memiliki air terjun yang menjadi destinasi wisata para turis

Salah satu landmark paling terkenal di Republik Afrika Tengah adalah air terjun Boali. Tingginya mencapai 50 meter (165 kaki) dan lebar 250 meter (820 kaki).

5. Republik Afrika Tengah memiliki sejarah yang penuh gejolak

Pada tahun 1880-an Prancis menganeksasi wilayah ini dan menamainya Kongo Prancis. Wilayah ini kemudian menjadi bagian dari French Equatorial Africa, termasuk Ubangi-Shari, Chad, Gabon, dan Kongo Tengah.

Republik Afrika Tengah memperoleh kemerdekaan secara resmi dari Prancis pada tahun 1960 dengan David Dacko sebagai presiden pertama negara itu. Sejak saat itu, negara ini telah mengalami ketidakstabilan yang meluas dengan berbagai kudeta dan konflik internal.

Itulah tadi 5 fakta negara Republik Afrika Tengah. Bagaimana, apakah Anda tertarik mengunjungi negara ini?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak