facebook

Cara Mengaktifkan Mode Gelap pada Beberapa Aplikasi Media Sosial

Ibnuh Sulaiman
Cara Mengaktifkan Mode Gelap pada Beberapa Aplikasi Media Sosial
Ilustrasi Aplikasi Sosial Media di Smartphone (Unsplash/Sara KurfeƟ)

Bermain sosial media tidaklah hanya cukup 5-10 menit saja. Bahkan kadang kita menghabiskan waktu hingga berjam-jam hanya untuk scroll sana-sini atau bercakap-cakap dengan teman kita yang ada di sosial media. Entah itu mau Facebook, Twitter, Instagram, WhatsApp, maupun Telegram. Apalagi kegiatan tadi biasanya akan lebih intens dilakukan oleh sebagian orang khususnya pada malam hari sebelum menjelang jam tidur.

Kemudian, ketika kalian bermain media sosial sembari menatap layar pada smartphone di malam hari tadi, pernahkah mata kalian terasa seperti perih atau sakit ? Apalagi dengan durasi waktu yang lama. Mungkin salah satunya adalah cahaya yang dipancarkan oleh smartphone kalian terlalu terang sehingga mengakibatkan mata menjadi kering dan perih ketika berkedip. Nah, disinilah selain kalian harus menyetel ulang brightness atau kecerahan layar, kalian juga membutuhkan fitur yang disebut Night atau Dark Mode.

Mode gelap atau Night Mode merupakan fitur modern yang ada pada smartphone masa kini yang berfungsi untuk menggelapkan tampilan layar pada aplikasi agar cahaya yang dihasilkan smartphone bisa menyesuaikan dengan kemampuan mata kita agar tidak sakit ketika menatap layar dengan waktu yang lama khususnya pada malam hari. Kebalikan dari Night Mode adalah Day/Light Mode yang fungsinya untuk menerangkan layar pada aplikasi smartphone kalian agar terlihat jelas oleh mata ketika di siang hari.

Kemudian, bagaimana cara agar bisa mengaktifkan Night Mode di beberapa aplikasi sosial media yang sering kita sering mainkan seperti Facebook, Instagram, WhatsApp, dan lain-lainnya? Nah berikut langkah-langkahnya yang bisa kalian simak dibawah sebagai berikut ini:

1. Facebook

Tampilan Aplikasi Facebook di Smartphone [Sumber : Solen Feyissa/Unsplash]
Tampilan Aplikasi Facebook di Smartphone [Sumber : Solen Feyissa/Unsplash]

Siapa yang tidak kenal dengan Facebook ? Salah satu aplikasi sosial media yang paling populer dari dulu hingga masa kini. Cara mengaktifkan fitur mode gelap di aplikasi Facebook ini sangatlah mudah. Untuk aplikasi Facebook yang versi biasa (bukan lite) pertama tekan tombol dengan ikon garis tiga di pojok kanan atas. Kemudian tekan tombol dengan ikon gerigi di sebelah kanan tulisan Menu di paling atas. Kalian akan dibawa ke menu Setting & Privacy, pada bagian Preference tekan menu Dark Mode. Setelah ditekan, akan ada pilihan On dan Off, pilih On untuk mengaktifkan mode gelap di aplikasi Facebook ini yang mana secara otomatis tampilan akan berubah ke mode gelap.

Untuk Facebook yang versi ringan atau Lite caranya juga cukup mudah. Pertama tekan tombol garis tiga di pojok kanan atas. Lalu kalian scroll ke bawah hingga menemukan sub menu Dark Mode di menu Setting & Privacy. Switch on Dark Mode tersebut dan secara otomatis tampilan Facebook Lite akan berubah menjadi gelap.

2. Instagram

Tampilan Instagram di Smartphone [Sumber : Claudio Schwarz/Unsplash]
Tampilan Instagram di Smartphone [Sumber : Claudio Schwarz/Unsplash]

Salah satu aplikasi yang paling populer di di kalangan anak muda Indonesia adalah salah satunya yakni Instagram. Untuk bisa mengaktifkan fitur mode Gelap di aplikasi ini pertama-tama kalian harus pergi ke menu Profile di aplikasi Instagram. Kemudian, kalian tekan tombol dengan ikon garis tiga di pojok kanan atas --> Setting. Di menu setting ini, tekan menu Theme. Nantinya akan ada beberapa pilihan, yakni Light, Dark, dan System default. Pilih yang Dark. Nah secara otomatis aplikasi Instagram kalian tampilannya akan berubah menjadi gelap.

Aplikasi Instagram ini juga punya versi ringannya yakni Instagram Lite. Cara untuk mengaktifkan mode gelap di Instagram Lite ini masih sama dengan cara aplikasi Instagram yang biasa. Yakni akses menu Profile, tekan tombol dengan ikon garis tiga di pojok kanan atas --> pilih Setting --> Theme --> kemudian pilih Dark. Tampilan aplikasi dari Instagram Lite secara otomatis akan berubah menjadi gelap.

3. Twitter

Tampilan Aplikasi Twitter di Smartphone [Sumber : Claudio Schwarz/Unsplash]
Tampilan Aplikasi Twitter di Smartphone [Sumber : Claudio Schwarz/Unsplash]

Media sosial selanjutnya adalah Twitter. Untuk bisa mengaktifkan mode gelap di aplikasi Twitter, di aplikasi yang versi biasa (bukan lite) pertama kalian tekan gambar profile Twitter kalian di pojok kiri atas. Kemudian akan terbuka side menu. Lalu tekan tombol dengan ikon lampu di bawah sebelah kiri side menu. Nah, pada bagian Dark Mode, pilih opsi On. Kemudian pada bagian Dark theme, kalian bisa memilih mode gelap dengan corak Light out (Hitam) ataupun Dim (Abu kebiru-biruan).

Untuk aplikasi Twitter yang versi Lite, pertama kalian tekan gambar profile kalian di pojok kiri atas yang nantinya akan tampil side menu. Scroll kebawah dan tekan menu Display. Nah, pada bagian Background, akan ada pilihan Default, Dim, dan Light Out. Pilih opsi Dim ataupun Light Out sesuai dengan kemauan kalian. Kemudian tekan tombol Done.

4. WhatsApp

Ilustrasi Splash Screen Aplikasi WhatsApp [Sumber : Unsplash/Mourizal Zativa]
Ilustrasi Splash Screen Aplikasi WhatsApp [Sumber : Unsplash/Mourizal Zativa]

Media sosial ketiga adalah aplikasi WhatsApp. Untuk mengaktifkan mode gelap di aplikasi ini, pertama kalian tekan titik tiga di pojok kanan atas dan pilih menu Setting. Pada menu Setting ini, tekan menu Chat. Pada bagian Display, pilih Theme. Lalu pilih Dark dan tekan tombol OK. Secara otomatis tampilan layar aplikasi WhatsApp akan berubah menjadi gelap.

5. Telegram

Ilustrasi Aplikasi Telegram (Unsplash/Christian Wiediger)
Ilustrasi Aplikasi Telegram (Unsplash/Christian Wiediger)

Media sosial keempat adalah aplikasi Telegram. Yakni salah satu aplikasi chatting kedua yang populer setelah WhatsApp. Telegram juga punya fitur mode gelap. Cara mengaktifkannya, pertama kalian tekan tombol dengan garis tiga di pojok kiri atas, atau bisa dengan swipe ke arah kanan dengan jari kalian yang mana nantinya akan terbuka side menu Telegram. Di pojok kanan atas side menu ini, tekan ikon dengan bentuk bulan. Nantikan secara otomatis tampilan Telegram akan berubah menjadi gelap. 

Jika dirasa mode gelap di Telegram ini masih kurang, pada side menu tadi kalian bisa akses menu Setting, lalu pilih menu Chat setting. Pada bagian, Color Theme kalian bisa mengcustom tampilan mode gelap tadi dengan tekan menu Browser Theme. 

6. YouTube

Tampilan Aplikasi YouTube di Smartphone [Sumber : Christian Wiediger/Unsplash]
Tampilan Aplikasi YouTube di Smartphone [Sumber : Christian Wiediger/Unsplash]

Media sosial terakhir adalah YouTube. Salah satu platform yang sering dibuka untuk melihat video-video dikala waktu luang ini juga punya mode gelap di aplikasinya. Cara mengaktifkannya tergolong mudah sekali. Pertama kalian tekan gambar profile kalian di pojok kanan atas. Kemudian pilih menu Setting. Lalu tekan menu General. Nah, disitu kalian tinggal Switch on pada opsi Dark theme. Secara otomatis tampilan aplikasi YouTube akan berubah menjadi gelap.

Nah, itu tadi langkah-langkah untuk mengaktifkan fitur mode gelap di beberapa aplikasi media sosial pada smartphone kalian. Menurut kalian, apakah fitur mode gelap yang ada pada beberapa aplikasi media sosial tersebut berfungsi dengan baik bagi kalian ? Semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak