Rizky Melinda Sari
Rizky Melinda Sari
Ilustrasi bookstagram (koleksi pribadi/@kbo.oxtagram)

Salah satu hobi yang banyak membawa manfaat adalah membaca. Banyak membaca buku dapat membuat wawasan kita semakin terbuka lebar, kosa kata bertambah, banyak ilmu baru yang dipelajari, dan berbagai manfaat positif lainnya.

Gemar membaca buku juga dapat menambah teman. Salah satu caranya dengan menjadi bookstagram. Bookstagram adalah orang yang gemar berbagi informasi seputar buku dengan memanfaatkan salah satu media sosial yaitu Instagram. 

Melalui Instagram, para bookstagram biasanya akan saling berbagi rekomendasi buku, saling mengomentari bacaan, memberi dukungan, serta mengikuti berbagai challenge seru dan berhadiah.

Kamu mulai tertarik untuk menjadi seorang bookstagrammer? Caranya mudah. Kamu hanya perlu membaca, lantas siapkan niat untuk mulai terjun ke dunia bookstagram.  Berikut adalah beberapa langkah agar kamu dapat menjadi seorang bookstagrammer.

1. Gemar membaca

Syarat utama dan paling utama untuk menjadi bookstagrammer adalah gemar membaca. Tipe membaca setiap orang berbeda, ada yang mampu menamatkan satu buku dalam tiga hari, ada yang satu minggu. Tidak masalah berapa lama kamu bisa menamatkan sebuah buku, kunci utamanya adalah konsisten.

Jika tertarik menjadi bookstagrammer tetapi tidak gemar membaca, sebaiknya kamu membiasakan diri terlebih dahulu untuk gemar membaca.

2. Punya Instagram

Syarat kedua adalah memiliki akun Instagram. Akun ini yang akan menjadi wadah kamu untuk saling berinteraksi dengan para bookstagrammer lainnya, tidak hanya di Indonesia tetapi juga di seluruh dunia!.

Kamu bisa menuangkan kreativitas kamu dalam membuat nama akun Instagram kamu agar terlihat menarik. Kamu juga bisa berkreasi dalam fotografi agar postingan pada feed Instagram kamu terlihat eyecatching dan menarik.

3. Posting buku

Langkah berikutnya adalah meungunggah atau memposting buku yang sudah kamu baca di akun Instagram. Seperti sudah disebutkan pada poin dua, kamu bebas berkreasi dalam mengambil foto buku yang kamu baca.

Banyak referensi yang bisa kamu gunakan dengan melihat akun bookstagrammer lainnya untuk menentukan tipe atau gaya pada feeds kamu. Kamu bisa menggunakan konsep sederhana hanya dengan beberapa properti foto sebagai permulaan.

4. Ikuti akun-akun seputar buku

Agar akun Instagram kamu mampu menjangkau berbagai informasi, jangan lupa untuk follow atau mengikuti akun-akun terkait buku atau challenge membaca seperti @bookstagramindonesia, penerbit-penerbit buku, akun sesama bookstagrammer lain, dan sebagainya.

Usahakan untuk tidak mencampuradukkan akun bookstagram dengan akun-akun lain. Gunakan akun ini khusus untuk berbagi dan mencari informasi seputar buku-buku bacaan.

5. Aktif 

Syarat terakhir agar kamu dapat seorang bookstagrammer adalah aktif berbagi unggahan mengenai resensi buku serta aktif mengikuti berbagai challenge dan komunitas yang tersedia. Kamu bisa memilih komunitas yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Kamu juga bisa saling mengomentari postingan sesama bookstagrammer lain, menceritakan pengalaman membaca kamu terhadap buku yang sama, saling berinteraksi satu sama lain, serta kamu juga bisa mengikuti berbagai giveaway yang diadakan oleh penerbit-penerbit buku.

Itulah 5 syarat serta langkah untuk menjadi seorang bookstagrammer. Tunggu apa lagi, yuk buat akunmu sekarang dan jadilah bagian dari dunia literasi yang dapat berinteraksi dengan semua orang hanya melalui sebuah buku.

Komentar