Xandra Junia In
Xandra Junia In
Ilustrasi Tidur. (freepik)

Tidur merupakan suatu kegiatan yang wajib dilakukan oleh setiap makhluk hidup. Gunanya agar tubuh dapat kembali fit setelah banyak bergerak. Namun, sebagian dari kamu mungkin tengah mengalami susah tidur. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, di bawah ini ada 4 tips yang bisa kamu coba.

1. Simpan ponsel

Malam hari merupakan waktu yang dianggap cocok untuk menggunakan ponsel. Alasannya, karena jam-jam tersebut adalah masa istirahat setelah seharian beraktivitas. Segala jenis hiburan bisa kamu dapatkan disana. 

Tanpa disadari waktu sudah larut. Kamu lupa bahwa seharusnya mata sudah terpejam. Terlalu asyik dengan ponsel, akibatnya kamu susah untuk tidur.

Maka dari itu, kamu perlu menjauhinya pada jam-jam tersebut. Terlebih sinar dari layarnya yang kurang baik bagi matamu, jika terus-terusan menatapnya.

2. Mendengarkan musik

Tidak hanya sebagai penghibur di saat sedih, musik juga dapat membantu matamu cepat terpejam. Pilihlah lantunan musik yang lembut. Misalnya, suara desiran ombak laut. Ketenangan akan kamu rasakan, serta kantuk pun dapat segera menghampirimu. 

3. Matikan lampu

Menurut para ahli, keadaan gelap dapat mempermudah seseorang untuk tidur. Hal ini karena kegelapan mampu merangsang melatonin, hormon yang mempercepat tidur. Ia akan sulit membedakan siang dan malam, jika ada cahaya.

4. Mandi air hangat

Setelah beraktivitas selama seharian, tubuhmu akan merasa lelah. Kamu dapat memilih air hangat untuk membersihkan diri. Suhu tersebut dapat membuat pikiranmu menjadi tenang. Oleh karenanya, kamu akan lebih mudah untuk memejamkan mata.

Itulah keempat tips bagi kamu yang sedang mengalami susah tidur. Setelah mencobanya, nomor berapa yang paling ampuh bagimu?