Riva Khodijah
Riva Khodijah
Ilustrasi pria muram (unsplash/Marie-Michèle Bouchard).

Setiap orang yang jatuh cinta, pasti ingin agar perasaannya bisa bersambut. Alias orang yang kamu suka, ternyata juga menyimpan rasa.

Namun, kamu gak bisa memaksakan hati seseorang. Sekalipun kamu sudah berusaha mati-matian, bisa jadi dia gak tergerak juga untuk mencintaimu. Jika sudah begitu, jangan dipaksakan. Karena nantinya kamu sendiri yang bakal rugi, tak dicintai sepenuhnya.

Nah, berikut ini ada beberapa tanda kalau perasaan cintamu tak bersambut. Kenali, supaya kamu bisa melakukan tindakan segera, apakah tetapi dilanjutkan atau berhenti saja!

1. Selalu kamu yang memulai percakapan

Tanda pertama kalau cintamu bertepuk sebelah tangan, adalah selalu kamu yang memulai percakapan. Semestinya, kalau memang dia punya perasaan yang sama, atau muncul sedikit saja rasa tertarik, dia akan berusaha menjangkaumu juga, ketika kamu berhari-hari gak menyapa.

2. Komunikasi terkesan dingin

Meski lewat pesan singkat atau chat, kamu akan bisa menebak apakah gebetan yang kamu taksir itu ada perasaan spesial atau nggak ke kamu. Lihat saja dari bagaimana ia menjawab pertanyaan.

Kalau menjawabnya dengan singkat, dan terkesan ogah-ogahan, berarti dia tak tertarik. Umumnya, setelah ditanya, ya sudah, ia gak akan bertanya balik. Sikapnya dingin!

Berbeda jika dia punya ketertarikan yang sama denganmu. Dia akan berusaha memperpanjang percapakan, dan komunikasi berjalan dua arah. Gak cuma kamu doang yang selalu bertanya. Terasa sekali kalau komunikasi dengannya berlangsung hangat.

3. Susah diajak ketemu

Ciri lain kalau perasaanmu tak berbalas adalah dia malas kalau diajak bertemu. Selalu ada alasan yang membuat kalian sulit sekali bicara berdua.

Sekalipun kalian bertemu, misalnya di kantor atau di kampus, tampak sekali kalau dia gak antusias melihatmu atau ketika kamu mengajaknya berbincang. Dia benar-benar membatasi hubungan yang menyangkut hal-hal penting saja. Misalnya, urusan pekerjaan atau tugas kuliah.

4. Dia tak berusaha untuk mengenali kepribadianmu

Saat orang tertarik, pasti dia akan berusaha mencari tahu sisi pribadinya. Supaya bisa menimbang, apakah kamu akan cocok menjadi pasangannya atau enggak.

Nah, itu gak dilakukan oleh gebetan yang gak suka sama kamu. Dia akan berusaha mengalihkan pertanyaan-pertanyaan yang bersifat pribadi. Gak berusaha pula untuk mengenalmu lebih jauh.

Itulah tanda cinta bertepuk sebelah tangan. Kamu merasakan juga?

Komentar