Xandra Junia Indriasti
Xandra Junia Indriasti
Giselle dan Karina aespa (instagram/aespa_official).

Idol K-Pop memiliki segudang bakat, termasuk dapat melakukan rapp. Baik girl grup atau boy grup akan mendebutkan anggota yang punya kemampuan ini. Beberapa di antaranya dikenal banyak orang karena tingkat popularitas yang tinggi, meskipun masih tergolong baru.

Nah, berikut ini ada 5 anggota girl grup pendatang baru (debut di tahun 2020-2021) dengan posisi rapper yang disebut paling populer. Baik di Korea Selatan itu sendiri atau kancah internasional.

1. Karina 'aespa'

Karina 'aespa' (soompi)

Popularitas aespa sebagai grup pendatang baru tidak perlu diragukan lagi, termasuk tiap-tiap anggotanya. Salah satunya, Karina yang memiliki nama asli Yoo Jimin. Ia lahir pada 11 April 2000 di Bundanggu. Dengan usia yang paling tua, ia dipilih menjadi pemimpin dalam grup serta kemampuan tarinya yang membuatnya berperan sebagai penari utama.

Tak hanya itu, Karina juga dikenal dengan bakat rapp mumpuni. Ia memiliki suara khas yang tanpa dilihat, banyak orang sudah tahu bahwa bagian itu adalah dirinya. Ia merupakan mantan ulzzang (seseorang dengan wajah terbaik di Korea), sebelum akhirnya bergabung dengan SM Entertainment dan menjalani masa pelatihan selama 4 tahun di sana.

2. Giselle 'aespa'

Giselle 'aespa' (instagram/aespa_official)

Giselle merupakan anggota aespa yang juga dikenal dengan kemampuan rappnya. Tidak heran jika ia memegang posisi rapper utama dalam grup. Bakatnya ini sudah ditampilkan sebelum debut, yang diketahui liriknya ditulis sendiri oleh idol bernama asli Uchinaga Aeri tersebut.

Giselle berasal dari keluarga campuran Korea dan Jepang. Ia lahir di Seoul pada tanggal 30 Oktober 2000, namun bersekolah penuh di Tokyo. Kemudian, ia mengikuti audisi spesial SM di akhir pekan dan berhasil lolos. Masa pelatihannya tergolong singkat, yakni hanya 11 bulan. Keren, ya! 

3. Jinny 'Secret Number'

Jinny Park (instagram/secretnumber.official)

Secret Number memiliki anggota yang semuanya populer, termasuk Jinny. Ia lahir dengan nama Park Jinhee di Los Angeles, Amerika Serikat, pada 20 Januari 1998. Dalam grup, ia diposisikan sebagai rapper utama dan pemimpin vokal.

Kemampuan rapp Jinny sudah diketahui publik sejak dirinya diperkenalkan sebagai calon anggota BLACKPINK. Yup, ia sebelumnya tergabung dengan YG Entertainment dan direncanakan akan debut bersama Jisoo, Jennie, Rose, dan Lisa. 

Sebelum menandatangani kontrak dengan Vine Entertainment (agensi yang menaungi Secret Number), Jinny juga pernah berpartisipasi dalam program survival Produce 48 di tahun 2018. Sayangnya, ia juga gagal debut bersama IZONE kala itu. 

Namun, ia kini sukses dengan Secret Number dan beberapa hari lalu merilis lagu terbaru bertajuk Fire Saturday. Kamu dapat mendengar rapp Jinny di sana, karena bagiannya dapat dibilang cukup mendominasi.

4. J 'STAYC'

J 'STAYC' (instagram/stayc_highup)

STAYC juga merupakan grup pendatang baru yang memiliki popularitas tinggi di Korea berkat lagu debut 'So Bad'. Salah satu anggota yang memikat banyak orang adalah Jang Yeeun atau J. Ia memiliki suara berat yang unik. Tidak heran jika ia diposisikan sebagai rapper.

J lahir di Daejeon pada 9 Desember 2004 dan membuatnya menjadi anggota termuda dalam grup. Ia juga dikenal dengan visual menawan dan wajahnya disebut mirip dengan Eugene, penyanyi sekaligus aktris pemeran Oh Yoonhe dalam drama populer, The Penthouse. Bagaimana menurutmu? Apakah mereka terlihat sama?

5. Sangah 'Lightsum'

Sangah 'Lightsum' (twitter/sangahbrasil)

Cube Entertainment kembali mendebutkan girl grup baru, Lightsum, dengan anggota yang memiliki kemampuan rapp mumpuni, Sangah. Ia disebut-sebut akan mampu meneruskan karier seniornya (Hyuna, Yeeun 'CLC', Soyeon 'G-IDLE) sebagai rapper wanita K-Pop terbaik.

Ia lahir dengan nama Yoon Sangah pada 4 September 2002 di Incheon. Meskipun merupakan anggota tertua, ia tidak diposisikan sebagai pemimpin. Penampilan visual Sangah sempat dikaitkan dengan Jennie 'BLACKPINK' karena wajah keduanya yang mirip.

Apakah dari kelima rapper girl grup K-Pop rookie diatas, ada salah satunya yang menjadi favoritmu?

Komentar