Riva Khodijah
Riva Khodijah
Ilustrasi pasangan berpelukan (pexels/Filipe Leme).

Dengan maraknya perselingkuhan yang terjadi, gak heran membuat banyak orang jadi takut kalau pasangan bakal melakukan pengkhianatan. Terkadang, ketakutan diselingkuhi, malah membuat hubungan asmara jadi rusak, akibat pasangan yang gak melakukan kesalahn apa-apa senantiasa dicurigai.

Supaya kamu bisa memiliki jalinan yang memberikan ketenangan, yakni bebas dari ancaman perselingkuhan, ada beberapa cara untuk membangun kesetian di dalam hubungan asmara. Apa saja? Simak terus!

1. Selalu menepati janji

Budayakan agar kamu dan pasangan selalu menepati janji, meskipun untuk hal yang sepele seperti datang tepat waktu. Apabila kalian sudah mempraktikkan hubungan di mana di dalamnya selalu konsisten antara perkataan dan perbuatan, rasa saling percaya antara kalian berdua akan terbangun dengan kuat.

2. Jangan menyimpan rahasia

Hal ini terutama bagi kamu yang sudah menikah. Usahakan sebelum menikah sama-sama berkomitmen untuk senantiasa jujur, gak ada main rahasia-rahasiaan, sekali pun faktanya pahit.

Dengan komunikasi yang terbuka seperti ini, kalian bisa berhindar dari saling mencurigai, atau timbulnya kesalahpahaman. Hubungan jadi harmonis, sehingga sulit bagi kamu dan pasangan untuk mengkhianati jalinan asmara yang sudah terjalin dengan baik.

3. Hindari sikap menghakimi

Pastikan untuk menghormati satu sama lain, dan perbedaan yang kalian miliki tanpa sikap menghakimi. Meskipun kamu mungkin gak ngerti kenapa hal-hal tertentu bisa begitu penting bagi pasangan, yang penting bisa menghargai keputusannya.

4. Memelihara sikap saling memaafkan

Memberi maaf sangatlah penting dalam membangun dan mempertahankan kesetiaan. Semua orang pasti membuat kesalahan, sehingga perlu sekali adanya kesediaan untuk saling memaafkan, agar hubungan kesetiaan terbangun dengan kuat.

Kenapa memaafkan itu penting? Sering kali, rusaknya hubungan akibat salah satu pihak masih saja menyimpan dendam, kendati pasangannya sudah meminta maaf dan mengakui kesalahan. Akibatnya, kesalahan pasangan tersebut selalu diungkit. Siapa pun bakal gak suka, lho, kalau perbuatan buruknya di masa lalu selalu dibicarakan kembali.

Celah perselingkuhan bisa terbuka lebar salah satunya akibat jalinan asmara yang gak baik-baik saja. Kendati selingkuh itu salah, kamu dan pasangan tetap perlu menutup celah perselingkuhan tersebut. Salah satunya, dengan membangun fondasi kesetiaan yang kuat, yakni dengan menerapkan langkah-langkah tadi.

Komentar