Prasetya Buana
Prasetya Buana
Ilustrasi pria berpikir (pexels.com/Sora Shimazaki)

Dalam beberapa tahun ke depan, entah akan menjadi seperti apa diri kita ini. Pertanyaan seputar siapa diri kita di masa depan merupakan sebuah misteri.

Hal yang kita ketahui hanyalah fakta bahwa apa yang kita lakukan sekarang akan berdampak bagi masa depan kita. Oleh sebab itu, daripada sibuk memikirkan apa yang akan terjadi pada diri kita kelak di masa depan, lebih baik gunakan waktu berharga kita untuk mengerahkan segala upaya terbaik saat ini juga.

Karena bagaimanapun, baik tidaknya hari esok bergantung pada hari ini. Berikut ada lima hal yang bisa menentukan siapa kamu di masa depan.

1. Lingkungan pertemanan

Kepribadian hingga pola pikir seseorang bisa terbentuk lewat pengaruh lingkungan sekitarnya. Apabila seseorang dikelilingi oleh orang-orang yang toksik, tentu saja perilakunya cenderung akan tidak baik.

Maka dari itu, memilah dan memilih teman bukanlah tindakan yang salah. Mulai sekarang, jangan ragu untuk membatasi hubungan pertemanan dengan orang yang tak membawa pengaruh baik untukmu.

2. Kebiasaan

Seseorang dapat dilihat dari kebiasaannya. Sehingga mudah saja untuk memprediksi siapa kamu di masa depan, karena hanya dengan cukup melihat kebiasaanmu saat ini.

Misalnya, saat ini kamu adalah tipe orang yang sering menunda-nunda pekerjaan. Tentu dalam beberapa tahun ke depan kamu hanya akan tumbuh menjadi seseorang yang tak dapat menyelesaikan segala sesuatunya dengan baik.

Nah, agar hal itu tak terjadi, yuk, detik ini juga benahi kebiasaan-kebiasaan burukmu.

3. Cara kamu memperlakukan orang lain

Apa yang kamu perbuat pada orang lain, suatu saat akan kamu alami sendiri. Jika hari ini kamu membantu orang lain, tentu nantinya akan ada orang lain yang juga membantumu saat kamu butuh pertolongan.

Ingatlah pepatah, apa yang kamu tanam, itulah yang kamu tuai. Dengan begitu, kamu akan terus bersemangat untuk menebarkan kebaikan dan kasih sayang kepada banyak orang, siapa pun itu.

4. Cara kamu memperlakukan diri kamu sendiri

Seiring berjalannya waktu, kamu bakal tumbuh sesuai dengan anggapanmu soal dirimu sendiri. Maka dari itu, penting untuk selalu melakukan self talk yang positif.

Bersikap keras dan tak mau berdamai dengan kekuranganmu hanya akan menyakiti dirimu sendiri. Mulailah untuk melepaskan pemikiran kamu harus menjadi seperti apa, cukup jadilah diri kamu yang sesungguhnya. Dengan begitu, kamu bakal terhindar dari perasaan rendah diri.

5. Buku yang kamu baca

Buku yang berhasil membuatmu terkesan sehabis membacanya, biasanya akan ikut mempengaruhi pola pikir juga tindakanmu, entah untuk jangka waktu yang lama atau sebentar.

Setelah kamu membaca buku-buku jenis tertentu, seperti buku self improvement misalnya, pastinya kamu sering merasa termotivasi dan ingin mencoba menerapkan langsung poin-poin penting dalam buku tersebut, kan?

Karena itulah, buku yang baik dapat membawamu menuju masa depan yang lebih cerah. Banyak-banyaklah membaca.

Nah, itu tadi lima hal yang ikut berperan dalam menentukan siapa diri kamu di masa depan. Yuk, jangan pernah bosan-bosan meningkatkan kualitas diri.

Komentar