Alifia Nabila
Alifia Nabila
Ilustrasi wanita sedang mencuci piring (pexels.com/ MART PRODUCTION)

Memiliki rumah yang bersih dan nyaman adalah keinginan semua orang meskipun rumah tersebut tidak terlalu besar. Namun, kita pun harus memerhatikan hal-hal sepele yang ternyata malah membuat rumah kita menjadi kotor meskipun selalu dibersihkan setiap hari. Nah, berikut 5 kebiasaan buruk yang tanpa kita sadari selalu dilakukan saat membersihkan rumah.

1. Tidak menuntaskan pekerjaan saat membersihkan rumah

Membersihkan rumah merupakan kewajiban seluruh anggota keluarga. Seringkali kita lupa karena ada hal lain yang membuat pekerjaan tersebut menjadi terabaikan. Misalnya, kamu sedang mencuci piring kotor yang banyak sedangkan ada sebuah film menarik di TV. Akhirnya kamu pun asyik menonton film tersebut hingga lupa dengan cucian piringnya.

2. Membersihkan dengan alat yang kotor

Kebiasaan buruk selanjutnya saat membersihkan rumah, yakni menggunakan alat yang kotor. Mencuci kain lap atau pel sebenarnya hal yang wajib dilakukan setiap kali ingin dipakai. Sebab jika benda tersebut tidak pernah dicuci, semua kuman yang menempel di kain lap atau pel pun akan tersebar ke tempat yang kamu bersihkan. Daripada sia-sia melakukannya, lebih baik terapkan hal ini yuk!

3. Tidak menjemur handuk yang basah

Siapa, nih, yang masih sering menaruh handuk bekas mandi di atas kasur atau di gagang pintu? Jika masih, kebiasaan buruk ini sebaiknya segera kamu hindari jika ingin rumah terjaga kebersihannya. Handuk yang jarang terjemur di bawah terik matahari justru akan menjadi tempat perkembangbiakan bakteri. Handuk yang lembap juga tidak baik bagi kulitmu.

4. Menimbun makanan di kulkas

Biasanya, orang selalu menaruh makanan yang masih tersisa banyak di kulkas agar awet dan dapat di makan kembali di esok hari. Hal ini ternyata dapat menimbulkan bakteri dan jamur pada makanan yang tersimpan di kulkas. Solusinya adalah mengurangi porsi masakan yang banyak serta segera menghabiskan makanan saat itu juga.

5. Berlebihan dalam menggunakan produk kebersihan

Kebiasaan buruk terakhir yang tanpa kita sadari selalu dilakukan saat membersihkan rumah, yakni berlebihan dalam menggunakan produk kebersihan. Menggunakan produk kebersihan sebaiknya melihat cara pemakaiannya terlebih dahulu. Sebab, jika terlalu banyak digunakan akan menghabiskan produk tersebut dalam waktu yang singkat. Tidak hanya itu, air untuk membilasnya pun pasti terbuang banyak. Ujung-ujungnya malah jadi boros deh!

Itulah 5 kebiasaan buruk yang tanpa kita sadari selalu dilakukan saat membersihkan rumah. Dari kelima hal sepele di atas, pasti kalian semua sering mengalaminya, kan? Jagalah kebersihan rumah sebaik mungkin, ya!

Komentar