M Fuad Shulkhan Tsania
M Fuad Shulkhan Tsania
Penyerang Manchester United, Cristiano Ronaldo. [PAUL ELLIS / AFP]

Megabintang sepak bola berkebangsaan Portugal yang kini membela Manchester United, Cristiano Ronaldo, tampaknya masih belum bisa berhenti mencatatkan namanya dari buku rekor persepakbolaan Eropa.

Pada matchday kedua Liga Champions Eropa, kala Iblis Merah berhadapan dengan wakil Spanyol, Villarreal, pemain yang identik dengan nomor punggung 7 tersebut memecahkan rekor sebagai pemain yang paling banyak tampil di pentas Liga Champions Eropa.

Berdasarkan rilis resmi laman induk sepakbola Eropa, Ronaldo kini mengemas 178 penampilan bersama dua tim yang dibelanya, yakni Manchester United dan Real Madrid.

Sebetulnya, pada matchday pertama lalu, Ronaldo pun telah masuk dalam buku rekor UCL dengan menyamai penampilan kiper legendaris Spanyol dan juga Real Madrid, Iker Casillas yang mencatatkan tampilan sebanyak 177 kali.

Namun, dengan tambahan 1 kali tampil lebih banyak melawan Villarreal, Ronaldo kini semakin mantap menahbiskan diri sebagai pemain dengan penampilan terbanyak di Liga Champions Eropa.

Bahkan bukan tak mungkin, jumlah catatan sang megabintang akan terus bertambah, mengingat kini dirinya masih dalam performa terbaik dan dipastikan akan terus bermain meski usianya tak muda lagi.

Catatan penampilan yang ditorehkan oleh Ronaldo, selain melewati catata Iker Casillas juga jauh melampaui catatan penampilan megabintang lain asal Argentina, Lionel Messi.

Dalam catatan UEFA, Messi tercatat bermain sebanyak 151 kali, menyamai capaian legenda Barcelona, Xavi. Selain itu, Ronaldo juga semakin jauh meninggalkan catatan penampilan dari legenda Real Madrid, Raul Gonzales yang tampil sebanyak 142 kali di rentang waktu 1995 hingga 2011, dan juga sayap kiri Manchester United, Ryan Gigss yang tercatat tampil sebanyak 141 kali dalam medio 1993 hingga 2014 lalu.

Catatan Ronaldo ini tentu saja menjadi sebuah hal yang patut dicontoh. Pasalnya, sang pemain secara konsisten bermain di kejuaraan antar-klub kasta tertinggi di benua biru tersebut.

Semenjak melakoni debut bersama dengan Manchester United pada 1 Oktober 2003 lalu, Ronaldo tercatat hanya empat kali saja tak bisa memperkuat klubnya di ajang Liga Champions Eropa sejak babak perempat final edisi 2013/2014 lalu. Selamat untuk Ronaldo!

Komentar