Haqia Ramadhani
Haqia Ramadhani
Ilustrasi dosen dan mahasiswa di kelas (unsplash.com/ NeONBRAND)

Menjelang hari raya Idul Fitri 1443 H tinggal menghitung hari. Biasanya sudah banyak perantau yang mulai mudik ke kampung halaman. 

Tak terkecuali dengan mahasiswa perantauan meskipun mereka bisa mudik tetapi kadang tugas masih membebani mejelang lebaran. Dosen satu ini mencoba memahami apa yang dirasakan mahasiswanya hingga mengirimkan pesan menyentuh di grup WhatsApp. 

Akun media sosial Twitter collegemenfess membagikan kiriman foto tangkapan layar pesan dosen ini di grup WhatsApp. 

"Aku tahu iya aku tahu ini adalah momen langka di seluruh dunia, takbir," tulis pengunggah sebagai keterangan cuitan seperti dikutip oleh Yoursay.id, Kamis (28/04/2022). 

Dosen baik hati itu menuliskan pesan berupa pengumuman yang ditujukan untuk mahasiswa tercintanya. Dosen tersebut mengatakan jika sebentar lagi lebaran sementara mahasiswanya belum menyetorkan tugas yang beliau berikan. 

Maka dari itu, dosen ini langsung saja memberikan nilai B untuk semua mahasiswa di mata kuliahnya kecuali Ijow yang mendapatkan nilai C. Alasan beliau memberikan Ijow nilai C karena suka tidur sewaktu kelas beliau berlangsung. 

"Maka nilai kalian dari bapak adalah..... jeng jeng jeng..... nilai kalian di mata kuliah bapak B semua ya kecuali Ijow C sendiri karena suka bobi waktu kelas bapak," tulis beliau. 

Dosen tersebut mengambil kebijakan demikian karena memahami pikiran mahasiswanya menjelang lebaran tetapu tugas masih menumpuk. 

"Bapak paham kepala kalian pasti berasap dan tawuran antara tugas vs lebaran, jadi bapak bebaskan tugas bapak untuk anak-anak bapak tercinta," ungkap beliau. 

Pesan Dosen ke Mahasiswanya Menjelang Lebaran

Isi pesan dosen ke mahasiswanya. (Twitter/ collegemenfess)

Dosen itu pun mengucapkan selamat mudik dan berlebaran di kampung halaman untuk mahasiswanya. Tidak lupa beliau memohon maaf lahir dan batin serta menitipkan salam kepada keluarga mahasiswanya. 

Bukan hanya tugasnya dibebaskan dan diberi nilai B namun dosen ini juga berbagi THR untuk mahasiswanya. 

"Yang mau THR online drop Qris kalian sekarang, cepatan!" ujar beliau. 

Plot twistnya ternyata beliau semula memberikan nilai C kepada mahasiswanya bernama Ijow itu hanya prank. 

"Ijow kamu jangan panik, kamu juga B ya asal jangan bobo lagi waktu kelas berlangsung," kata dosen tersebut. 

Baru beberapa jam lalu diunggah, cuitan ini viral di Twitter sudah mendapatkan 11,4 ribu suka dan 626 retweet. Warganet langsung membanjiri kolom komentar untuk menuliskan tanggapan. 

"Ya ampun baik banget. Ijow jangan bobo lagi di kelas ya, di ruang guru sekalian!" ucap seorang warganet. 

"Semoga panjang umur dosen yg baik kayak begini," sahut yang lain. 

"Eh nitip dong qris gue nder wkwk," tanggapan lainnya. 

"Ijow, ijow maaf aku ngakak ijow," komen warganet yang lain. 

Komentar