facebook

Selain Covid-19, Alasan Kontroversial Ini Buat Lee Jung Jae Tak Mau Hadiri Golden Globes

Ilham Maulana Pratama
Selain Covid-19, Alasan Kontroversial Ini Buat Lee Jung Jae Tak Mau Hadiri Golden Globes
Lee Jung Jae dalam serial Squid Game. (sumber: Netflix)

Aktor serial populer "Squid Game," Lee Jung Jae memastikan tidak akan hadir di acara Golden Globes 2022!

Acara Golden Globes Award 2022 akan tampil tidak seperti biasanya, hal ini dikarenakan malam penghargaan dilakukan tanpa penonton sama sekali. Pihak penyelenggara yaitu Hollywood Foreign Press Association (HFPA) bahkan sudah mengumumkan kalau acara akan membawa pengalaman yang berbeda.

Tentunya semua ini dikarenakan protokol kesehatan ketat yang tengah dilaksanakan di AS, terutama untuk mengurangi dampak Covid-19 serta Omicron yang sedang ganas. Hal ini juga lah yang membuat aktor serial populer "Squid Game," Lee Jung Jae memutuskan untuk tidak menghadiri Golden Globes 2022.

Soompi melansir, Artist Company, agensi yang menaungi Lee Jung Jae telah memberikan pernyataan resmi kalau ia tidak akan hadir didalam acara. Pihak agensi memberi pernyataan sebagai berikut:

“Dia (Lee Jung Jae) sangat bersyukur telah dinominasikan dalam kategori Aktor Terbaik di Golden Globess, tetapi dia telah memutuskan untuk tidak menghadiri upacara tersebut."

"Dia mengakui bahwa Netflix tidak berpartisipasi dalam Golden Globes, seperti yang telah dilaporkan secara luas di seluruh dunia. Dia juga membuat keputusan dengan mempertimbangkan faktor-faktor lain seperti situasi Covid-19 dan persyaratan karantina.”

Di balik pernyataan pihak agensi aktor berumur 49 tahun tersebut, ternyata selain melihat situasi Covid-19 mereka juga mempertimbangkan masalah boikot yang menyasar pada acara tersebut.

Golden Globes adalah acara penghargaan AS di mana nominasi dan pemenang dipilih oleh Hollywood Foreign Press Association (HFPA), yang terdiri dari jurnalis film asing dari berbagai negara dari belahan dunia. Tak hanya itu, Golden Globes telah mendapat kecaman dalam beberapa tahun terakhir karena tuduhan korupsi dan kurangnya keragaman di antara anggota HFPA.

Akibatnya, Hollywood telah menyerukan untuk melakukan boikot secara luas terhadap Golden Globes. Berangkat dari permasalahan-permasalahan kontroversial ini, maka bintang dan sutradara papan atas telah menyatakan niat mereka untuk tidak menghadiri penghargaan dan tidak menerima penghargaan apa pun yang mungkin akan mereka menangkan. 

Oleh karena banyaknya isu-isu kontroversial tersebut, maka Netflix, Amazon, dan Warner Media telah mengumumkan bahwa mereka tidak akan berpartisipasi dalam Golden Globes atau bekerja dengan HFPA sampai reformasi diberlakukan. Penyiar lama Golden Globes, NBC juga menarik diri dari komitmennya untuk menayangkan acara tersebut.

Keadaan semakian panas dengan masalah lain selain kasus korupsi, yakni tuduhan rasisme di Golden Globes juga diangkat ketika “Minari” memenangkan kategori film berbahasa asing terbaik tahun lalu meskipun diproduksi oleh perusahaan produksi AS, serta ditulis dan disutradarai oleh seorang Korea-Amerika.

Menanggapi hal tersebut, Golden Globes mengaku bahwa film "Minari" memang telah dinominasikan dalam kategori film berbahasa asing terbaik, karena lebih dari separuh film tidak berbahasa Inggris.

Dikabarkan juga, sebenarnya Lee Jung Jae juga telah berencana menghadiri acara Critics Choice Awards, yang akan diadakan bersamaan dengan Golden Globes. Namun, dikarenakan situasi kesehatan di AS, ia memutuskan untuk membatalkan jadwalnya untuk hadir di kedua acara tersebut.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak