facebook

Karya Yura Yunita dan Musisi Indonesia yang Mengangkat Makna Self-Awareness

firda ratnasari
Karya Yura Yunita dan Musisi Indonesia yang Mengangkat Makna Self-Awareness
Ilustrasi self-swareness.[Pixabay]

Setiap manusia pasti ingin mengenal diri sendiri, terutama bagi kamu anak muda yang baru saja berada di fase remaja. Tulisan ini akan cocok banget untuk kamu yang sedang dalam fase ingin mengenal diri sendiri. Kalian tau gak sih kalo mengenal diri sendiri itu penting banget loh dan pastinya kalian mengenal istilah self-awareness, oke jadi self-awareness itu sendiri memiliki pengertian adanya kesadaran diri untuk lebih mengenal diri sendiri.

Self-awereness ini penting karena seseorang yang mempunyai self-awareness yang tinggi akan mudah dalam merefleksikan diri dan mengontrol emosi. Sebaliknya, orang yang tidak memiliki self-awareness tentu akan sulit mengontrol diri hingga sulit dalam memahami dirinya sendiri. Apakah kamu pernah ngerasa insecure? Sepertinya istilah tersebut sangat sering diucapkan oleh anak muda ya?. Akibat dari kurangnya self-awareness ini adalah insecure terhadap diri sendiri, jadi yuk sama-sama kita tingkatkan self-awareness diri kita masing-masing.

Kamu tau gak sih kalau beberapa musisi sudah sangat peduli dengan self-awareness hingga mereka membantu para pendengarnya dengan sebuah karya yaitu lagu. Lagu-lagu yang diciptakan bertujuan supaya pendengarnya dapat lebih menghargai diri sendiri hingga akhirnya mencintai dirinya sendiri. Dan ternyata upaya mereka diterima baik loh oleh pendengarnya, banyak feedback baik yang disampaikan oleh pendengar kepada penyanyi karena mereka merasa lagu tersebut sangat membantu mereka yang sedang dalam fase mencintai diri sendiri karena lagu dapat mempengaruhi emosi dan suasana hati.

Tidak hanya itu, lagu juga dapat mengembalikan memori yang menjadikan adanya makna tersendiri bagi setiap individu pada saat mendengarnya. Biasanya, bagian lirik dan nada lagu sangat mendorong pendengarnya untuk menghayati lagu dan memposisikan dirinya yang seolah-olah lagu ini benar adanya diciptakan untuk meningkatkan self-awareness dirinya.

Setelah ini saya akan menceritakan kalau ada beberapa musisi Indonesia yang menciptakan lagu dengan makna self-awareness. Inilah rekomendasi empat musisi Indonesia yang sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan self-awareness.

1. Yura Yunita - Tutur Batin

Musisi yang pertama yaitu Yura Yunita, anak muda sudah pasti kenal dengan Yura begitupun terhadap karya-karyanya. Yura Yunita adalah musisi keturunan Sunda yang memiliki nama asli Yunita Rachman. Dilihat dari beberapa postingan yang di-update oleh Yura Yunita seringkali berkaitan dengan usaha manusia dalam memahami hingga mencintai diri sendiri, akhirnya penyanyi ini mengeluarkan lagu pada Oktober 2021 yang berjudul Tutur Batin.

Lagu Tutur Batin merupakan fase perjalanan manusia yang pasti akan melewati fase pertemuan, kehilangan, depresi, proses healing, dan cara manusia mencintai diri sendiri dan menerima semua yang terjadi. Pasti kamu sudah pernah dengar lagu ini, karena sempat viral di TikTok dengan memperlihatkan perjuangan atau ketidaksempurnaan dari diri sendiri. Seperti liriknya;

Aku tak perlu sempurna, tak perlu sempurna akan kurayakan apa adanya.

2. Bigita Meliala (Idgitaf) - Takut

Bigita Meliala yang dikenal dengan nama Idgitaf. Buat kamu yang sering main TikTok, pasti kenal Idgitaf dengan cengkok dan cover-cover lagunya. Ternyata, Idgitaf punya lagu hasil dari keresahannya yang menginjak usia kepala dua yang berjudul Takut.

Sesuai dengan judulnya, Idgitaf sangat memperlihatkan rasa takut untuk dewasa karena tanggung jawab yang sudah pasti lebih besar. Tetapi, hal yang bisa dilakukan hanyalah menerima dan menyemangati diri sendiri, benar kan? Kalau dilihat dari lirik lagu Takut, jawabannya adalah benar.

Takut tambah dewasa, takut aku kecewa, takut tak seindah yang kukira, takut tambah dewasa, takut aku kecewa, takut tak sekuat yang kukira.

Aku tetap bernafas, meski sering tercekat, aku tetap bernafas meski aku tak merasa bebas

3. Kunto Aji - Rehat

Salah satu idol 2008 dari ajang pencarian bakat yang sering membuat lagu dengan lirik dan ciri khas gitarnya. Lirik dan alunan lagu Kunto Aji ini sering membuat pendengarnya tersedu-sedu hingga berteriak, terutama pada lagu Rehat. Kamu termasuk salah satunya? Kita coba tengok liriknya yuk!

Tenangkan hati, semua ini bukan salahmu, jangan berhenti

Yang kau takutkan takkan terjadi, yang dicari hilang, yang dikejar lari, yang ditunggu yang diharap biarkanlah semesta bekerja untukmu

Tidak heran kan, kalau pendengarnya pasti menghayati. Faktanya, beberapa teman saya mendengarkan lagu ini pada saat mereka butuh pengingat dan penyemangat untuk kembali menghadapi situasinya. 

"Wah lagu Rehat udah andalan banget sih kalau lagi sumpek ataupun sedih”, ucap salah satu teman saya. 

Tidak usah dipungkiri, soal kata perkata dari liriknya yang bisa diaplikasikan pada seluruh kondisi dan situasi. Kalau kamu dalam masalah atau situasi yang butuh semangat namun tidak ada penyemangat, sangat saya sarankan untuk langsung mendengar lagu ini. Dijamin! Banjir air mata.

4. Nadin Amizah - Beranjak Dewasa

Nadin Amizah atau cakecaine. Ahlinya dalam merangkai kata dan alunan pada setiap lagunya. Ciri khas suaranya juga bisa membuat pendengar langsung menoleh ke arahnya. Biasanya, lagu yang Nadin buat itu condong ke hubungan seseorang dan diri sendiri. Jadi, sangat cocok untuk kamu yang memang sedang menjalin hubungan atau sedang memperbaiki diri. Tetapi, Nadin punya satu lagu yang memang fokus dalam self-awareness loh! Judul lagunya Beranjak Dewasa. Berikut lirik yang menggambarkan makna lagu berjudul Beranjak Dewasa.

Pada akhirnya ini semua hanyalah permulaan, pada akhirnya kami semua berkawan dengan sebentar

Empat musisi di atas adalah contoh dari upaya mereka dalam membantu meningkatkan self-awareness pada pendengarnya, menurut kamu, keempat musisi diatas benar-benar mengangkat makna self-awareness dalam lagunya? Kamu merasa keempat lagu tersebut dapat meningkatkan self-awareness pendengarnya?

Yuk teman-teman kita saling meningkatkan rasa kesadaran terhadap diri sendiri hingga kita dapat mencintai diri kita. Semoga tulisan ini dapat membantu kamu dan jangan lupa untuk terus mendukung karya-karya dari musisi Indonesia agar dunia musik Indonesia bisa bersaing dengan negara lain.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak