facebook

Aespa Kini Jadi Girl Group Keduayang Mendapatkan Gelar 'Rookie Grand Slam'

Shinta Ci
Aespa Kini Jadi Girl Group Keduayang Mendapatkan Gelar 'Rookie Grand Slam'
Potret Aespa (Soompi/shintaci)

Saat artis K-Pop baru menerima penghargaan “Rookie of the Year” atau jenis penghargaan serupa di kelima acara penghargaan musik utama di Korea Selatan, yaitu Melon Music Awards (MMA), Mnet Asian Music Awards (MAMA), the Golden Disk Awards (GDA), Gaon Chart Music Awards, dan Seoul Music Awards (SMA), mereka akan diberi gelar sebagai “Rookie Grand Slam”.

Hal tersebut sangat jarang terjadi, bahkan hanya terjadi pada lima grup sebelum tahun ini. Aespa adalah artis terbaru yang mencapai pencapaian ini, setelah mereka menerima penghargaan “Artist of the Year” di Golden Disk Awards pada 8 Januari 2022 kemarin.

Melansir dari Koreaboo, istilah ini pertama kali diciptakan pada tahun 2008, ketika SHINee menjadi grup K-Pop pertama yang mencapai prestasi ini. Itu tujuh tahun sebelum artis K-Pop lain mencapai tingkat kekuatan rookie yang sama dan iKON yang selanjutnya mencapai prestasi luar biasa ini pada tahun 2015.

Setelah iKON, Wanna One menjadi artis berikutnya yang mendapatkan gelar “Rookie Grand Slam,” setelah debut mereka di tahun 2017!

Dua tahun setelahnya, dua artis lagi ditambahkan ke dalam daftar yakni ITZY dan TXT, yang keduanya berhasil mencapai pencapaian ini pada tahun 2019. ITZY juga menjadi girl group pertama yang melakukannya.

Sekarang, aespa menjadi grup keenam secara keseluruhan dan girl group kedua yang mendapatkan gelar “Rookie Grand Slam.”

Aespa juga merupakan satu-satunya artis wanita SM yang mencapai hal ini. Mereka adalah girl grup asal Korea Selatan yang dibentuk oleh SM Entertainment. Grup ini terdiri dari empat anggota: Karina, Giselle, Winter dan Ningning.

Mereka debut pada 17 November 2020 dengan single "Black Mamba." Lagu ini mencapai nomor satu di tangga lagu musik video K-pop dari China terbesar layanan streaming musik, QQ Music , selama tiga minggu berturut-turut dan membuat Aespa memenangkan acara musik pertama mereka di SBS Inkigayo pada 17 Januari 2021.

Nama grup, Aespa, menggabungkan inisial bahasa Inggris "avatar" dan "experience" (Pengalaman Avatar), untuk melambangkan gagasan bertemu dengan diri lain dan menyelami dunia yang baru. 

Selamat kepada aespa yang telah berhasil mendapatkan gelar “Rookie Grand Slam!” 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak