facebook

Jadi Ikon Google Doodle, Simak 6 Fakta Menarik tentang Sandiah 'Ibu Kasur'

Qomariah Dianti
Jadi Ikon Google Doodle, Simak 6 Fakta Menarik tentang Sandiah 'Ibu Kasur'
Google Doodle Sandiah 'Ibu Kasur' (Tangkapan layar Google/qdiantisari)

Google Doodle kembali menampilkan salah satu tokoh asli Indonesia. Kini giliran Ibu Kasur yang menjadi ikonnya. Kemunculan Ibu Kasur tersebut sekaligus untuk merayakan hari ulang tahunnya yang jatuh tepat pada hari ini, Minggu 16 Januari 2022.

Bagi kamu yang penasaran dan ingin tahu lebih mendalam tentang sosok inspiratif satu ini, yuk, simak beberapa fakta menarik tentang Ibu Kasur berikut ini!

1. Kelahiran

96 tahun lalu, tepatnya pada 16 Januari 1926 Ibu Kasur dilahirkan. Ia lahir di Jakarta, Indonesia atau dulunya disebut Batavia, Hindia Belanda dengan nama Sandiah.

Panggilan Ibu Kasur mulai dikenal setelah ia mengasuh Taman Putra dan Taman Pemuda bersama suaminya, Pak Kasur atau Soerjono. Nama Kasur sendiri berasal dari panggilan akrab Soerjono sewaktu masih muda, di mana ia kerap kali disapa dengan panggilan Kak Soer.

2. Kehidupan Pribadi

Ibu Kasur pertama kali bertemu dengan suaminya saat mereka sama-sama bergabung menjadi anggota Pramuka Indonesia. Hingga kemudian, keduanya memutuskan untuk menikah pada 29 Juli 1946 di Yogyakarta.

Dalam pernikahannya, Ibu Kasur dan Pak Kasur dikarunia lima orang anak, yang selanjutnya diberi nama Sursantio, Suryaningdiah, Suryo Prabowo, Suryo Prasojo, dan Suryo Pranoto.

3. Kontribusi dalam Pendidikan Anak-Anak di Indonesia

Selama hidupnya, Ibu Kasur dikenal sebagai sosok yang sangat mencintai dunia anak-anak dan pendidikan. Tahun 1965, ia dan suami mendirikan sebuah taman kanak-kanak bernama TK Mini di rumah mereka.

Di samping itu, Ibu Kasur juga sempat menjadi pembawa acara "Taman Indria" di TVRI dan beberapa acara anak-anak lainnya. Ia juga sempat menjadi ketua Yayasan Setia Balita, yang mendirikan beberapa cabang taman kanak-kanak di Indonesia.

4. Karya Lagu

Selain itu, Ibu Kasur juga diketahui beberapa kali menciptakan lagu untuk anak-anak, meski karya yang dihasilkannya tak sebanyak Pak Kasur.

"Kucingku," "Bertepuk Tangan," dan "Main Sembunyi" merupakan beberapa karya poluler yang berhasil diciptakan oleh Ibu Kasur.

5. Penghargaan

Berkat prestasi dan jasanya yang besar dalam pendidikan, khususnya pendidikan anak-anak, Ibu Kasur pernah dianugerahi Penghargaan Presiden pada Hari Anak Nasional di tahun 1988.

Tak hanya itu, masih banyak penghargaan lain yang berhasil diterimanya, termasuk penghargaan Bintang Budaya Parama Dharma dan predikat pembawa acara anak-anak legendaris dari sebuah stasiun televisi.

6. Meninggal

Ibu Kasur menghembuskan napas terakhirnya di usia 76 tahun pada 22 Oktober 2002 sekitar pukul 16.00 WIB di Rumah Sakit Cikini Jakarta. Sebelum meninggal, Ibu Kasur diketahui sempat menderita stroke.

Walaupun telah tiada, sosoknya yang peduli terhadap anak-anak dan pendidikan selalu mampu menginspirasi banyak orang bahkan hingga saat ini.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak